5 Manfaat Cairan Keringat yang Tidak Kamu Ketahui - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 9 April 2020

5 Manfaat Cairan Keringat yang Tidak Kamu Ketahui

hand,sport,young,training,lip,fitness

Melakukan aktivitas di luar ruangan atau melakukan aktivitas olahraga tentunya akan menyebabkan wajah dan tubuh kita berkeringat. Ini merupakan respons tubuh yang cukup normal, sebagai tanda cairan dalam tubuh berkurang dan tubuh telah melakukan aktivitas yang cukup berat dalam waktu yang relatif singkat. 

Meski berkeringat merupakan sesuatu hal yang normal, namun ada yang menganggap jika berkeringat sesuatu yang jorok karena baunya serta rasanya dikulit lengket membuatnya dianggap sesuatu yang tidak bersih, karena dapat mengikat kotoran. Meski dianggap sesuatu yang kotor, keringat memiliki manfaat tersendiri dalam setiap tubuh manusia, salah satunya manfaat keringat di wajah. 

Meski dianggap berminyak dan membuat wajah jadi kusam, ada beberapa manfaat dari keringat yang ada di wajah, diantaranya adalah ;

1. Mendinginkan Suhu Tubuh

fever,sick,cold,flu,thermometer,ache

Perlu kamu ketahui jika berkeringat merupakan cara alami tubuh untuk mengatur suhu atau temperatur yang meningkat ketika kita sedang melakukan aktivitas atau juga kepanasan. Dengan begitu jika kamu selesai beraktivitas kemudian keringat bercucuran, merupakan bentuk alami respons tubuh dalam mendinginkan suhu tubuh.

2. Mencerahkan Wajah

love,cute,portrait,beautiful,happy,girl

Mungkin sebagian dari kita utamanya kaum hawa beranggapan jika kulit wajah yang berkeringat akan menjadi jerawat, membuat makeup hilang atau luntur , serta kulit kusam sepertinya pelru sedikit koreksi. Keringat yang bercucuran pada area wajah memiliki efek untuk kebersihan wajah. Keringat pada wajah dapat mengurangi kotoran yang dapat menyumbat pori-pori, yang mana dapat mencegah jerawat tumbuh pada wajah.


3. Melawan Infeksi Pada Wajah

Jerawat Pori-Pori Kulit - Foto gratis di Pixabay

Tau gak sih kamu, jika cucuran keringat yang mengalir pada kulit wajah kamu ternyata efektif dalam melawa bakteri Staphylococcus aureus yang resistan pada antibiotik. Menurut seorang peneliti, cairan keringat memiliki kandungan nitrit, dimana nantinya kandungan akan diubah menjadi asam nitrit pada saat telah mencapai permukaan wajah, dimana tercipta gas yang mengandung antibakteri dan juga anti jamur, sehingga saat kamu berkeringat saat itu juga keringatmu sedang mengurangi bakteri dan juga jamur berbahaya pada kulit.

4. Membuang Racun

Kuman, Virus, Kumbang, Serangga, Infeksi

Selain melawan infeksi manfaat berkeringat di wajah yang lain adalah keringat dapat membuang racun. Pada sebuah penelitian menunjukkan jika keringat memiliki kandungan berbagai komponen, yaitu metal beracun dalam jumlah yang kecil, sehingga saat kita berkeringat juga disebut sebagai detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dalam tubuh. Memiliki jumlah kelenjar keringat mencapai 5 juta kelenjar di kulit manusia, maka tidak heran lagi jika berkeringat merupakan bentuk alamiah tubuh untuk membuang racun.

Menurut seorang peneliti, toksin atau racun yang telah dibuang lewat keringat biasanya merupakan  toksin yang berada jauh di bawah kulit. Mereka akan keluar melalui pori bersama dengan debu dan juga minyak yang terperangkap. Sehingga proses pembersihan ini dapat meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh dalam melawan flu.

5. Dapat Mempercepat Kesembuhan

Foto stok gratis berbohong, dalam ruangan, demam, flu

Manfaat berkeringat di wajah selanjutnya ada sebagai proses penyembuhan. Tahu gak sih kamu, mengapa kita akan berkeringat saat sedang demam? Berkeringat merupakan cara tubuh untuk membangunkan sistem imun kita agar dapat melawan patogen yang membuat kita menjadi  sakit. Seorang ahli pengobatan tradisional Pengeluaran keringat merupakan cara tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Mekanisme yang sama terjadi saat kita berolahraga atau ketika kamu sedang berada di tempat panas atau di bawah terik matahari langsung . Selain merangsang metabolisme untuk menjaga berat badan, karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak tapi juga hal ini akan merangsang sistem imun.

Nah itu dia guys dari cairan keringat kamu yang tidak ketahui, semoga bermanfaat. Cyaa

Baca Juga :Inilah Manfaat Berkeringat Saat Olahraga Jangan Sampai Salah Kaprah

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done