Inilah Manfaat Berkeringat Saat Olahraga Jangan Sampai Salah Kaprah - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 9 April 2020

Inilah Manfaat Berkeringat Saat Olahraga Jangan Sampai Salah Kaprah

Foto stok gratis badan, berlatih, bersantai, cewek

Mungkin kamu pernah mendengar mengenai manfaat berkeringat yang satu ini. Dimana dengan semakin banyak kamu berkeringat saat berolahraga, maka itu artinya kalori yang terbakar lebih tinggi. Tahukah kamu, hal tersebut adalah statement yang kurang tepat. karena proses berkeringat tidur tidak memiliki hubungan dengan pembakaran kalori. Nah biar kamu nggak salah kaprah lagi.

berikut ini beberapa manfaat berkeringat saat olahraga, yuk dibaca ;

Mempercantik kulit

Foto stok gratis bersih, canvacustombrief, kesehatan, konseptual

Manfaat yang pertama adalah dengan berkeringat akan mempercantik kulit anda. Loh bagaimana bisa?. Tentu saja bisa dikarenakan pada saat kita berkeringat kelenjar keringat akan memproduksi keringat yang dikeluarkan dari pori-pori kulit sehingga kotoran yang berada di dalam pori-pori kulit akan ikut terdorong keluar bersama keringat. Jadi pori-pori kamu akan kembali bersih dan segar.

Akan tetapi manfaat ini bisa kamu rasakan apabila kamu berkeringat secukupnya dan tidak berlebihan. Karena jika berkeringat berlebihan maka yang terjadi malah hiperhidrosis. Apa itu hiperhidrosis?. Jadi hiperhidrosis adalah suatu kondisi di mana akan memicu tumbuhnya jamur dan eksim.


Membuang racun dari dalam tubuh

Medis Set Ikon Tubuh - Gambar vektor gratis di Pixabay

Manfaat berkeringat saat berolahraga yang kedua adalah membuang racun dari dalam tubuh kamu. Hal ini dikarenakan keringat mengandung beberapa jenis senyawa selain cairan tubuh diantara senyawa tersebut antara lain ada kadmium, aluminium, dan mangan yang apabila berlebihan di dalam tubuh akan berpotensi membuat tubuh kamu keracunan.

Jadi dengan kata lain dengan mengeluarkan keringat kamu juga berarti mengeluarkan senyawa-senyawa yang berlangsung di dalam tubuh. Apalagi tubuh ini memiliki sekitar kurang lebih 2 sampai 5 juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh kulit manusia yang akan membantu membuang zat beracun dalam tubuh melalui keringat. Jadi bagaimana apakah kamu masih takut untuk berkeringat?.

Baca Juga : 5 Manfaat Cairan Keringat yang Tidak Kamu Ketahui

Memperkecil risiko penyakit batu ginjal

Ginjal, Anatomi, Manusia, Pria, Organ

Manfaat berkeringat yang ketiga adalah memperkecil risiko penyakit batu ginjal.hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian pada konferensi American urological association.pada penelitian tersebut ditemukan bahwa dengan berjalan selama beberapa jam dalam seminggu hal ini akan mengakibatkan berkurangnya risiko pembentukan batu ginjal. Nah berkeringat ini membantu membersihkan system agar lebih efisien sehingga menuntut tubuh untuk minum lebih banyak.

Dengan minum lebih banyak ini akan mencegah penyakit batu ginjal. Selain itu berkeringat ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengeluarkan garam serta mempertahankan kalsium di dalam tulang kamu. Hal itulah yang membuat adanya suatu batasan akumulasi garam kalsium di dalam ginjal dan urine yang mana merupakan asal muasal dari batu ginjal.

Menurunkan stress

Foto stok gratis depresi, isyarat, keadaan yang sulit, kertas

Manfaat yang terakhir yakni secara tidak langsung dengan kamu berkeringat kamu akan menurunkan kadar stres dalam kata lain dapat meningkatkan suasana hati.hal ini dikarenakan pada saat kamu berkeringat dengan olahraga atau dengan sauna hal ini akan membuat tubuh melepaskan endorfin dan senyawa kimia lainnya.

Nah endorfin dan senyawa kimia lainnya ini yang akan membuatmu menjadi lebih baik dan stres akan menurun secara natural. Jadi bagi kamu yang sedang stres mungkin kamu bisa mencoba menenangkan diri dengan berolahraga.

Jadi bagaimana setelah mengetahui manfaat berkeringat saat berolahraga ini?.  Tentu kamu tak akan terpikirkan lagi untuk malas berolahraga, apalagi membenci berkeringat. Karena berkeringat itu menyehatkan. selain itu jangan salah kaprah dengan mengartikan banyak keringat berarti banyak kalori yang terbakar karena itu adalah ungkapan yang kurang tepat.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done