PERAN MEDIA ONLINE DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 4 April 2020

PERAN MEDIA ONLINE DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT

PERAN MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT DIKALANGAN WARGA RT03 RW 01 KELURAHAN GONDONG DALAM MENGHADAPI VIRUS CORONA
(analisis isi berita panduan mencegah virus corona, cara mencuci tangan yang benar kompas.com sabtu, 14 maret 2020)





Latar Belakang Penelitian

   Media online merupakan salah satu alat yang digunakan untuk sarana mencari informasi setiap hari, kapan saja dan dimana saja antara peristiwa satu dengan peristiwa yang lain. Setiap orang akan selalu memerlukan media untuk mendapatkan informasi mengenai kejadian di sekitar mereka, dengan media online pula orang akan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan pada saat tertentu mereka menginginkan informasi. Disisi lain manusia dapat berbagi kejadian – kejadian yang terjadi di sekitar mereka kepada orang lain. Sehingga antara satu orang dengan orang lain di daerah yang berbeda dapat melakukan pertukaran informasi mengenai kejadian disekitar mereka melalui media online.
   Salah satu fungsi media salah satunya adalah mengedukasi masyarakat. Fungsi sebagai alat edukasi, yaitu media massa berfungsi sebagai agen atau media yang memberikan pendidikan kepada masyarakat, sehingga keberadaan media massa tersebut menjadi bermanfaat karena berperan sebagai pendidik masyarakat. Maka dari pada itu, lewat acara-acaranya, media massa diharapkan memberikan pendidikan kepada masyarakat.
   Ditengah tengah kondisi saat ini, yaitu mewabahnya virus coronan (covid-19) di berbagai negara, peran media khususnya media massa sangat diperlukan dalam hal mengedukasi masyarakat. Dalam artian mengedukasi masyarakat tentang bagaimana caranya menjaga kesehatan, mencintai lingkungan serta selalu menjaga kebersihan lingkungan maupun diri sendiri.
   Penyakit Covid-19 sudah memasuki Indonesia sejak Maret tahun ini. Per hari  ini yaitu hari jumat, 03 april 2020 pemerintah mengumumkan total pasien positif virus corona di Indonesia berjumlah 1.986 orang dan 181 orang telah meninggal dunia. Pemerintah gencar menyusun rencana untuk menghadapi virus pandemi global ini. Tidak hanya pemerintah, berbagai pihak lainnya juga mulai melakukan langkah untuk mencegah penyebaran virus corona, salah satunya adalah kompas.com
Kompas.com sebagai media online yang telah menaruh perhatiannya mengenai peristiwa ini, yaitu dengan cara memanfaatkan fungsi media sebagai sarana edukasi publik, telah mengeluarkan artikel berita dengan judul “Panduan Mencegah Virus Corona, Cara Cuci Tangan Yang Benar”
   Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan di atas, maka peneliti tertarik untuk menyusun rencana penelitian dengan judul ” PERAN MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT DIKALANGAN WARGA RT03 RW 01 KELURAHAN GONDONG DALAM MENGHADAPI VIRUS CORONA
 (analisis berita panduan mencegah virus corona, cara mencuci tangan yang benar kompas.com sabtu, 14 maret 2020)

Rumusan  Masalah 
   Berdasarkan latar belakang masalah yangdiuraikan, masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana  peran media online kompas.com dalam mengedukasi masyarakat dikalangan warga rt03 rw 01 kelurahan gondong dalam menghadapi virus corona?
Tujuan Penelitian
   Penelitian ini dilakukan demi mencapai tujuan berkaitan dengan masalah yang di rumuskan. Adapun tujuannya yaitu : untuk mengetahui tentang cara media online kompas.com dalam mengedukasi masyarakat terkait dengan pencegahan virus corona.

Metode Penelitian
   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk mengambil kesimpulan. Artinya penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numeric (angka) yang diolah dengan menggunakan metode penelitian ini, akan diperoleh hubungan yang signifikan antar variabel yang diteliti. Metode deskriptif merupakan metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (Sugiyono, 2005: 21).



by. ilham amirullah

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done