SEDIH!!! GEGARA CORONA. HAL-HAL YANG IDENTIK DENGAN BULAN RAMADHAN, TAHUN INI TERANCAM HILANG. - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 16 April 2020

SEDIH!!! GEGARA CORONA. HAL-HAL YANG IDENTIK DENGAN BULAN RAMADHAN, TAHUN INI TERANCAM HILANG.


Sebentar lagi kita akan berjumpa dengan bulan suci Ramadhan, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, banyak pahala yang dilipat gandakan di bulan ini. Di bulan ini banyak umat islam yang memanfaatkan momentum bulan ramadan untuk berbagi rezeki, mempererat silaturrahmi, dan melakukan ibadah sebanyak banyaknya.

Di bulan ramadhan kita di anjurkan untuk berbagi sebagian rezki kepada orang yang kurang beruntung, bersilaturrahmi kepada kawan, sahabat, rekan kerja dengan cara berbuka puasa bersama, serta memperbanyak ibadah  salah satunyadengan melakukan ibadahshalat tarawih berjamaah di masjid.

Di lain hal, manusia sedang diuji dengan mewabahnya virus corona. Yang membuat aktivitas manusia terhambat. Ini berdampak pada semua kegiatan yang biasanya kita lakukan di bulan ramadahan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini sepertinya akan hilang.

portalGenZ.com akan mengulas hal-hal yang identik dengan bulan ramadahan di tahun ini akan terancam hilang. Berikut beberapa ulasannya

BukaPuasa Bersama (BUKBER)


Biasanya menjelang bulan puasa kalian pasti mendapatkan banyak undangan untuk melakukan buka puasa bersama atau lebih dikenal BUKBER undangan itu datang mulai ari sahabat dekat, teman sekolah, rekan kerja dll. Nampaknya saat ini di mana situasi tidak kodusif bukber terancam tidak akan terjadi. Karena bukber melibatkan orang banyak sedangkan kondisi saat ini pemerintah sedang gencar gencarnya menyuarakan social distancing bahkan PSBB dimana yang akan berkumpul dengan orang banyak akan di kenakan sanksi.

Tarawih Berjamaah Di Masjid


Shalat tarawih bejamaah dimasjid yang biasanya di lakukan umat islam, kali ini akan dilakukan di rumah. Sesuai imbuhan MUI (majlis Ulama Indonesia) bahwa kita menghindari tempat berkumpul yang membuat menularnya wabah itu sendiri. Sesuai imbauan itu sebaiknya kita tetap tarawih di rumah.

Sahur On The Road



Dirangkum dari berbagai sumber, Sahur On The Road atau di singkat SOTR sendiri berawal dari aktivitas sahur. Sahur adalah aktivitas makan dan minum yang dilakukan pada dini hari oleh umat Islam yang berpuasa, berlangsung hingga sebelum terbit fajar. 
Dalam ajaran Islam, sahur hukumnya sunah. Meski demikian, sahur sangat dianjurkan karena terdapat keberkahan di dalamnya.
Sahur bisa dilakukan di mana saja. Di rumah, di masjid, atau bahkan di jalanan. Karena bisa dilakukan di mana saja, banyak yang kemudian melakukannya di jalan sambil berbagi dengan masyarakat kurang mampu.  Sahur On The Road merupakan aktivitas yang muncul hanya di bulan puasa Ramadan. SOTR mulai menjadi tren di kalangan millennial sejak dekade 2000-an.
SOTR dilakukan secara berkelompok atau bersama komunitas. Mereka santap sahur bersama di jalan.
Di tengah pendemi corona saat ini, hal ini tidak akan terjadi guys, karena status di berbagai wilayah yang sudah menerapkan peraturan PSBB. Yang mengakibatkan dilarannya orang berkumpul di trmpat umum.

Berburu Takjil 



Nampaknya di ramadhan tahun ini pemandanga di jalan raya di prediksi akan sepi guysss. Dikarenakan orang banyak yang melakukan kegiatan di rumah.

Itulah sedikit ulasan yang dapat kami bagikan, jagan lupa jaga kesehatan kalian serta selalu berhati hati. Kita berdoa semua agar pandemi sorona ini cepat teratasi dan berakhir.



By. Ilham Amirullah



Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done