Tips Gaya Hidup Sehat yang Tepat - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 16 April 2020

Tips Gaya Hidup Sehat yang Tepat

Portalgenz.com - Siapa orang yang tidak ingin memiliki hidup yang sehat? Sehat adalah salah satu aset terbaik dan menjadi hal yang paling mahal di dunia ini. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat ? Berikut ada beberapa tips gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan setiap hari, yuk disimak ;

Makan Makanan yang Sehat dan Seimbang

Asparagus, Steak, Veal Steak, Sapi
Sumber Foto : pixabay.com

Untuk tips gaya hidup sehat yang pertama adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Sebenarnya kesehatan memang sangat tergantung dengan apa yang kamu makan. Jika makananmu sehat maka hidupmu pun juga akan sehat, tetapi jika kamu makan sembarangan maka jangan tanya lagi jika kamu gampang sakit.

Makan makanan yang sehat dan seimbang adalah makan makanan yang mengandung gizi yang berguna bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, dan lain sebagainya di mana jumlahnya harus seimbang.

Dan gizi tersebut harus sesuai dengan aktivitas sehari-hari kamu. Misalnya jika kamu banyak kerja lapangan maka perkuat dengan makan yang berkarbohidrat dan protein tinggi namun seimbangi dengan serat dan vitamin. Begitu juga sebaliknya, jika kegiatanmu hanya duduk maka kurangi porsi karbohidrat kamu.

Melakukan Aktivitas Fisik yang Teratur (Olahraga)

Foto stok gratis aktif, arloji, atlet, bermain
Sumber Foto : pixabay.com

Selain makan makanan yang bergizi tinggi, tips berikutnya adalah dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur. Aktivitas fisik ini bisa dilakukan dengan berbagai cara akan tetapi yang paling dianjurkan adalah dengan olahraga yang teratur.

Kamu bisa meluangkan waktu sebentar untuk berolahraga, misalnya setelah bangun tidur sebelum mandi untuk bekerja, bersekolah, kuliah, atau kesibukan Kamu yang lain bisa melakukan olahraga. Tidak harus berat, bisa dengan joging mengelilingi kompleks, senam aerobik dengan melihat Youtube, melakukan lompat tali, atau berbagai jenis olahraga yang lain.


Istirahat yang Cukup (Tidur minimal 8 jam per hari)

Foto stok gratis Angkat Berat, atlet, baja, barbel
Sumber Foto : pexels.com

Tips agar kamu bisa melakukan gaya hidup yang sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Minimal sebenarnya kamu harus tidur selama 8 jam per hari. Jika malam, kamu tidak bisa tidur 8 jam bisa saja kamu tambah di siang harinya, hal ini berlaku bagi mereka yang siangnya di rumah atau memang memiliki waktu beristirahat tidur ya.

Namun, jika tidak bisa kamu boleh kok beristirahat dengan rebahan, membaca buku, atau yang lainnya. Jangan buat tips ini sebagai alasan untuk meninggalkan pekerjaan kamu. Dengan beristirahat, fisik dan pikiran kamu bisa beristirahat dengan baik dan membuat energi lebih untuk melakukan aktivitas yang selanjutnya.

Hindari Stres atau Tekanan Pikiran

Foto stok gratis depresi, dewasa, ekspresi, ekspresi muka
Sumber Foto : pexels.com

Selain makanan, pikiran juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik kamu. Jika pikiran kamu sedang banyak tekanan atau sedang mengalami stres yang berat maka biasanya kamu pun bisa merasakan gejala-gejala fisik yang mengganggu. Bisa dengan gejala sakit yang nyata seperti pusing, sakit kepala, badan pegal-pegal dan gejala sakit yang lainnya.

Namun. Ada juga yang mungkin tidak merasakan gejalanya akan tetapi berpengaruh terhadap kesehatan seperti tekanan darah tiba-tiba tinggi, kolesterol naik, kadar gula dalam darah ikut naik, dan masih banyak lagi yang lain. Kendurkan pikiran kamu, boleh saja berpikir akan tetapi kamu juga harus tahu porsinya, jangan sampai membuat gejala sakit.

Yang di atas tersebut adalah beberapa tips gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan setiap hari. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari segala jenis penyakit yang mengganggu.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done