5 Manfaat Buah Pisang Ambon Untuk Kesehatan Tubuh - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 19 May 2020

5 Manfaat Buah Pisang Ambon Untuk Kesehatan Tubuh

Porostimur.com


Portalgenz.com - Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan kalium serta pektin, dan menjadi asupan serat baik untuk tubuh. Selain itu, pisang juga dapat dijadikan sumber vitamin C, vitamin B6, dan magnesium. Ada banyak manfaat buah pisang ambon untuk menjaga kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara teratur.

Pisang ambon sendiri merupakan jenis pisang yang berwarna kuning segar dengan rasa buahnya yang manis. Dalam kondisi belum terlalu matang dan sudah terlalu matang, pisang ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh, diantaranya sebagai berikut,

1. Menyehatkan Jantung


Jantung merupakan organ tubuh penting manusia yang harus dijaga. Untuk menjaganya, kamu bisa mengkonsumsi buah pisang ambon secara teratur. Karena pisang ambon memiliki kandungan potasium, yakni elektrolit mineral untuk mengalirkan listrik ke seluruh tubuh serta menjaga detak jantung.

Selain itu, kandungan sodium dan potasium yang cukup tinggi pada pisang mampu menjaga sistem kardiovaskuler pada tekanan darah tinggi.

2. Menyehatkan Pencernaan 


Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yang mampu melancarkan pencernaan. Diketahui dalam satu pisang terdapat 10% dari kebutuhan serat harian tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B6 pada pisang mampu menyukseskan program diet mu! Karena mengkonsumsi buah pisang dapat menahan rasa lapar lebih lama.

3. Terhindar dari Penyakit Kanker


Pada tahun 2005 salah saty studi di Swedia menyatakan bahwa perempuan yang mengkonsumsi buah serta sayuran lebih dari 75 porsi dapat mengurangi risiko terkena kanker ginjal sebanyak 40%. Hal tersebut sama dengan mengkonsumsi 4-6 buah pisang. Karena buah ini memiliki kandungan senyawa fenolik antioksidan yang cukup tinggi.

4. Mencegah Stres dan Depresi


untuk mencegah terjadinya stres dan depresi, kamu bisa mengkonsumsi buah pisang ambon. Pasalnya buah ini memiliki kandungan tryptophan yang cukup tinggi yang bila dikonsumsi akan berubah menjadi serotonin, sehingga neurotransmiter otak dapat lebih relaks dan meningkatkan suasana hati.

Selain itu, kandungan vitamin B6 membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak dengan kandungan magnesium yang dapat mengendurkan otot.

5. Menguatkan Tulang 


Berdasarkan artikel di tahun 2009 Journal of Physiology and Biochemistry yang menyatakan bahwa buah pisang memiliki kandungan fructooligosaccharides/ karbohidrat non digestif sebagai penggerak priobiotik. Zat tersebut membantu tubuh menyerap kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat.

Itulah 5 manfaat buah pisang ambon untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa makan buah pisang ya sobat genz!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done