5 Tips Paling Ampuh yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Stres - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 13 May 2020

5 Tips Paling Ampuh yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Stres

Foto : pixabay.com

Portalgenz.com - Kata stress mungkin bukan kata yang langka dizaman sekarang ini, orang tua bahkan anak muda sudah sangat familiar dan mungkin beberapa dari mereka merasakannya setiap hari. 

Stress bisa disebabkan oleh hal-hal kecil seperti lelah dalam bekerja atau belajar, putus dari pacar atau bahkan ada loh stress yang tiba tiba muncul tanpa penyebab pasti, hal ini terjadi mungkin karena kamu terlalu overthinking atas sesuatu, dan itu akan menjadi beban yang menganggu kita dalam beraktivitas. 

Maka dari itu, hal hal berikut ini adalah hal yang simple untuk dilakukan dan mudah mengangkat stres yang mengganggumu. Check this out !

1. Mendengarkan musik

Foto : greatlakesbaroque.org

Hal ini adalah hal paling mudah dan hal yang mungkin kita semua lakukan setiap hari. Tapi tahukah kamu bahwa mendengarkan musik bisa membantu kita mengangkat stress yang ada? Tentu, setiap orang memiliki selera yang berbeda terhadap musik. 

Dalam kasus ini, sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang stress untuk menghindari musik yang memacu kesedihan, seperti musik yang liriknya membuat kamu semakin sedih. Lebih baik dianjurkan untuk mendengarkan musik dengan lirik dan melodi yang bisa membuat hati kalian tenang, dan musik instrumental dapat lebih baik untuk di dengar. 

Kamu bisa memfokuskan fikiranmu agar jatuh di dalam alunan melodi dan itu akan membuatmu lupa sejenak akan stress yang kamu pikul, hasil yang lebih baiknya adalah bahu kalian bisa menjadi lebih ringan dari sebelumnya.

2. Membaca buku atau komik

Foto : pixabay.com

Sama seperti mendengarkan musik, membaca buku adalah salah satu dari sekian banyak hal yang bisa membantu kita dalam meringankan stess/beban. Mungkin dizaman sekarang tidak terlalu banyak yang membaca buku karena sudah banyak bacaan bacaan digital yang menjadi penggantinya. 

Memang banyak juga buku digital yang sudah disediakan, jika kamu tidak mempunyai buku dan malas untuk membeli di toko,  kamu bisa membelinya melakui app store atau play store. Kamu juga bisa menuangkan perasaanmu didalam sebuah buku diary. 

Oh ya, kamu bisa membanca komik sebagai penggantinya, karena komik digital sekarang sudah mudah ditemukan dimana mana, kamu tinggal mengunduh aplikasinya lalu langsung bisa membacanya.

3. Berolahraga

Foto : pixabay.com

Tahukah kamu bahwa stress adalah salah satu penyebab imun melemah? Jika imun melemah maka akan menyebabkan kamu susah untuk berfikir dengan jernih. Untuk membuat imun mu kembali menjadi stabil, kamu perlu berolahraga dan membuat tubuhmu kembali fit.

Luangkan waktumu sebentar untuk berolahraga, jika kamu sibuk dengan sesuatu, kamu bisa berolahraga 1-2 kali dalam seminggu, dan sielingi istirahat dan tidur yang cukup, itu akan membantu menjaga imun kamu agar tidak turun dan bisa membantu otak agar selalu berfikir jernih dan fresh, maka stress yang kamu rasakan bisa berkurang. 

4. Lakukan Aktivitas Dengan Hobimu

Foto : dekoruma.com

Setiap orang memiliki hobi, dan hobi setiap orang berbeda-beda. Melakukan kegiatan yang kamu sukai bisa membuatmu senang dan hal itu bisa melupakan beban sejenak. Mungkin sebagian orang belum menyadari hobi yang mereka miliki, contohnya hobi yang simple tetapi tidak kita sadari seperti, merawat bunga atau memasak. 

Hal ini dilakukan setiap hari dan kadang kita lupa bahwa itu adalah hal yang kita sukai. kamu bisa mengembangkan hobimu sekalian menghabiskan waktu daripada harus berlarut larut dalam stress yang kalian pikul. Tapi ingat ya, hobi kamu harus berdampak positif untuk membantu mengangkat stress yang ada.

5. Cobalah untuk membuka diri kepada orang terdekat

Foto : pixabay.com

Terkadang kita memiliki masalah dan malu untuk membuka diri. Mungkin sebagian orang berfikir bahwa lebih baik diam daripada bercerita. Tapi percayalah, curhat ke orang terdekat bisa membuat dadamu yang sesak menjadi lapang. 

Kamu bisa mendengarkan feedback yang mereka berikan seperti tanggapan dan kata-kata motivasi dari orang terdekatmu, dan bahkan  bisa membuatmu mencari solusi untuk membuang stress jauh-jauh. 
Jangan malu untuk membuka diri, jangan biarkan dirimu berlarut larut dalam stress yang tidak bisa memberikan dampak positif dihidupmu. 

Itulah beberapa cara simple yang akan membantumu meringankan stress yang kamu tanggung, tentu saja jika stress yang kamu alami tidak kunjung membaik, disarankan untuk menemui dokter spesialis/psikiater/psikolog. Sayangi dirimu dan selalu berfikir jernih.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done