5 Tradisi Masyarakat Indonesia Pada Momen Lebaran - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, 10 May 2020

5 Tradisi Masyarakat Indonesia Pada Momen Lebaran

Sederet.com


Portalgenz.com - Lebaran merupakan hari raya umat muslim yang identik dengan beberapa tradisi menyenangkan. Seperti yang sudah kita ketahui, sebagian besar penduduk Indonesia beragama muslim. Sehingga nuansa momen lebaran pun semakin ramai.

Di setiap negara memiliki tradisi tersendiri dalam menyambut hari lebaran, salah satunya Indonesia. Seringkali kita melihat pemandangan silahturahmi atau mudik yang menjadi tradisi masyarakat Indonesia ketika lebaran. Adapun 5 tradisi masyarakat Indonesia ketika lebaran sebagai berikut ;

1. Mudik/ Pulang Kampung

Seringkali kita melihat orang berpergian atau pulang kampung pada saat lebaran. Hal tersebut merupakan tradisi lebaran untuk bersilaturahmi bersama keluarga, saudara, dan kerabat lainnya di kampung.

Diketahui jutaan masyarakat Indonesia mudik ke kampung halamannya. Maka jangan heran bila kamu melihat jalanan ramai pada saat lebaran. Bahkan, kerap kali kota Jakarta menjadi lenggang pada saat lebaran lantaran masyarakatnya mudik ke kampung halaman.

Supaya mudik lebih aman dan nyaman, kamu bisa menyiapkan energi serta perlengkapan mudik sejak jauh hari. Karena mudik memerlukan energi yang banyak, terlebih mudik ketika berpuasa.

2. Melakukan Halal Bi Halal

Halal bi halal merupakan kegiatan saling mengucapkan hari lebaran kepada teman, saudara, serta keluarga. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan.

Kegiatan yang dilakukan saat hari raya idul Fitri ini di isi dengan mengunjungi keluarga, teman, tetangga, dan kerabat lainnya untuk bersalaman dan bermaaf-maafan.

3. Dapat THR

THR atau tunjangan hari raya merupakan sejumlah uang yang dibagi oleh perusahaan untuk pekerjanya di hari raya. Bukan hanya itu saja, tradisi bagi-bagi uang THR juga telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Di mana para orang tua memberikan bonus atau uang pada anak-anak.

THR untuk anak-anak berupa amplop kecil dan cantik, yang di dalamnya terdapat uang receh dalam kondisi baru. Uang receh tersebut bisa kamu dapatkan dari bank yang menyediakan penukaran uang.

4. Berziarah ke Makam

Berziarah juga merupakan salah satu tradisi yang wajib dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada momen lebaran. Biasanya orang-orang akan berziarah pada pagi hari setelah melakukan salat idul Fitri. Tujuan berziarah ialah untuk mengunjungi pemakaman dan memberikan doa untuk keluarga atau kerabat yang sudah meninggal.

5. Makan Ketupat

Adapun menu makanan khas yang harus dilakukan ketika lebaran yaitu ketupat. Makanan ini wajib disajikan sebagai tradisi perayaan lebaran dan dimakan bersama-sama.

Ketupat lebaran disajikan dengan istimewa, sehingga orang yang menyantapnya merasa bahagia. Karena kurang lengkap rasanya bila berkumpul bersama tanpa makan ketupat.

Kamu bisa memasak ketupat dengan beragam variasi makanan lainnya seperti rendang, opor, gulai.

Itulah 5 tradisi masyarakat Indonesia yang populer ketika momen lebaran tiba. Pada dasarnya, masih banyak tradisi lainnya yang dilakukan masyarakat Indonesia seperti membeli baju lebaran, takbiran, dan lainnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done