Bahaya Tidur Setelah Makan, Bisa Menyebabkan Stroke! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 14 May 2020

Bahaya Tidur Setelah Makan, Bisa Menyebabkan Stroke!

Titiknol.co.id


Portalgenz.com - Apakah kamu sering tidur sesudah makan? atau kamu sering melakukannya?jika Iya segera hentikan kebiasaan tersebut karena memiliki dampak yang cukup bahaya. Meskipun rasa kantuk sesudah makan merupakan hal yang wajar, namun kamu perlu menahannya.

Bagi beberapa orang sangat sulit untuk menghindari rasa kantuk sesudah makan, dan berkeinginan untuk tidur. Namun tahukah kamu, bahwa rasa kantuk juga dipengaruhi dari makanannya mengkonsumsi. Dimana makanan karbohidrat serta tinggi kalori, terutama yang memiliki kandungan asam amino dapat rasa kantuk.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, Berikut ini merupakan beberapa dampak bahaya tidur setelah makan yang perlu kamu ketahui, diantaranya

1. Beresiko Berat Badan Naik


Hal ini tentu sudah menjadi rahasia umum, jika tidur setelah makan menyebabkan berat badan bertambah. Sebagian besar orang akan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kalori pada malam hari,.namun tidak dijadikan sebagai sumber energi, melainkan langsung tidur.

Hal tersebut membuat asupan kalori menjadi lemak yang berlebih dan menyebabkan berat badan meningkat. Sehingga kamu perlu memperhatikan waktu makan dan makanan yang dikonsumsi.

2. Heartbun


Heartbun merupakan sensasi panas yang yang di bagian perut atas bahkan hingga ke tenggorokan. Hal tersebut disebabkan karena asam lambung naik.

Selain itu tidur setelah makan malam membuat mu menjadi tidak lapar ketika pagi, dan melewatkan waktu sarapan. Karena sarapan sangat penting. Tanpa sarapan kamu akan makan berlebihan di waktu lain.

3. Stroke


Menurut sebuah penelitian bahwa, semakin lama waktu jeda tidur sesudah makan, maka semakin kecil terkena resiko stroke. Hal tersebut dikarenakan sesudah makan kolesterol, gula darah, serta aliran darah mengalami perubahan. Yang mana perubahan tersebut menyebabkan terkena stroke.

Penelitian lain menyatakan bahwa resiko terkena stroke berhubungan dengan resiko refluks asam lambung, dimana terjadi ketika waktu tidur dan waktu makan berdekatan. Hal tersebut memicu adanya sumbatan nafas ketika tidur yang menjadi faktor resiko stroke. Namun penelitian ini masih terus dikembangkan.

4. Sistem Perncernaan Terganggu


Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa tidur setelah makan memiliki dampak buruk pada sistem pencernaan. Posisi berbaring setelah makan, membuat makanan yang awalnya masuk menuju organ lambung, menjadi berbalik ke tenggorokan serta mulut.

Refluks esofagus terjadi ketika makanan kembali dari organ lambung ke esofagus (saluran yang berguna untuk mengangkut makanan dari mulut ke perut), hal tersebut menimbulkan rasa pahit serta kerongkongan menjadi kering dan panas.

5. Paru-paru Bermasalah


Jika kamu mempunyai riwayat penyakit maag serta tukak lambung, maka bahaya makanan yang kembali melalui saluran pernapasan. Bahkan bisa terjadi peradangan serta kerusakan paru-paru.

Itulah beberapa bahaya tidur setelah makan. So, hindari kebiasaan itu ya guys.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done