Belajar Menabung ala Generasi Milenial, Hindari Rintangan Berikut! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 8 May 2020

Belajar Menabung ala Generasi Milenial, Hindari Rintangan Berikut!

Foto : pexels.com

Portalgenz.com -
Masih sedikit ditemukan generasi milenial yang melakukan kebiasaan menabung, hal ini disebabkan banyaknya godaan yang ada di zaman modern kini. Nah, sebab itulah berikut akan diberikan tips belajar menabung ala generasi milenial, dan bagaimana sikap yang harus dilakukan, simak berikut!
Menyisihkan uang untuk ditabung memang bukan hal yang mudah, karena selalu ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi, ataupun godaan diskon yang membuat SobatgenZ goyah untuk membeli barang yang belum tentu dibutuhkan. Kebiasaan konsumtif inilah yang bisa menggagalkan rencana menabung kita, sebab itu berikut tipsnya:
1. Kendalikan Keinginan Berlebih
Di era modern kini, iklan-iklan di media sosial memang dapat dengan mudah membuat kita tergoda, mulai dari makanan sampai barang-barang tren tertentu. Sebab itulah tips pertama untuk belajar menabung ala generasi milenial, yakni mengendalikan keinginan yang berlebih!
SobatgenZ boleh saja mengikuti tren yang ada, mulai dari baju, sepatu dan lain sebagainya. Namun semua itu harus diatur, jangan sampai lapar mata saja! Sebab kadang setelah membeli, barang tersebut bisa jadi jarang digunakan, karena belum terlalu butuh.
Maka belilah sesuatu yang benar-benar dibutuhkan ya, supaya pemanfaatan barang tersebut pun lebih maksimal. Lebih disarankan lagi untuk membeli barang bagus dan agak mahal supaya awet pemakaiannya, sehingga tak mudah rusak. Maka tabunglah sebagian uang yang kamu punya sampai menjadi bukit, dan cukup untuk membeli barang bagus tersebut, ya!
2. Hilangkan Rasa Gengsimu!
Gengsi memang akan merusak kebiasaan hematmu, karena dengan merasa gengsi, kamu bisa dengan mudah membeli sesuatu secara berlebihan dan terkesan memiliki sifat hedonisme. Itu sangat tidak baik ya, SobatgenZ! Lalu seperti apa contoh sifat hedonisme ini?
Contohnya saja, kamu ingin makan di restaurant bagus yang mahal hanya untuk upload ke media sosial dan memperlihatkan pada publik apa yang kamu makan. Kebiasaan ini tidak baik, padahal kamu bisa memilih makan masakan sendiri yang lebih terjangkau misalnya? Maka hilangkan gengsimu ya!

Foto : pexels.com
3. Carilah Uang Tambahan, dengan Pekerjaan Freelance!
Tips terakhir belajar menabung ala generasi milenial, yakni mencari tambahan uang dari kerja freelance! Jika kamu tahu pengeluaran sedang banyak-banyaknya, maka carilah tambahan uang dengan bekerja paruh waktu.
Kamu bisa melatih skill tertentu untuk bekerja freelance, bahkan untuk kamu para pelajar dan mahasiswa, tips yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan!
Sekian penjelasan tentang cara menabung ala generasi milenial di atas, semoga SobatgenZ yang membaca bisa mulai membiasakan kebiasaan menabung sejak muda ya!

Share with your friends

1 comment

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done