Cara Survive Kuliah Saat Sedang di Fase Down, Simak 4 Tips Ini! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, 3 May 2020

Cara Survive Kuliah Saat Sedang di Fase Down, Simak 4 Tips Ini!

Foto : mamikos.com


Portalgenz.com
– Setiap tahap kehidupan, selalu ada titik dimana kita down. Salah satunya yakni ketika kita masih duduk di bangku kuliah. Beberapa masalah akan selalu ada, seperti banyaknya tugas, bertemu dosen yang agak killer, tidak ada teman yang bisa diajak sharing, merasa salah jurusan, dan lain sebagainya.
Tapi tahukah SobatgenZ, bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Nah, sebab itu berikut 4 tips supaya kita bisa tetap survive kuliah, walaupun banyak rintangan yang menghadang!
1. Kolaborasikan Antara Minat, Bakat dan Jurusan yang Kamu Ambil
Memang hal biasa bila kita merasa jenuh, apalagi bila kita melakukan rutinitas kuliah ini sehari-hari, pasti ada tahap dimana kita ingin melakukan hal lain yang sesuai dengan minat dan bakat. Sebab itu, tips pertama untuk tetap survive kuliah di fase down adalah lakukan kolaborasi antara jurusan dan bakat minat kamu!
Seperti yang kita ketahui, terkadang beberapa anak mengambil jurusan bukan karena bakat minatnya, namun karena faktor orang tua dan teman. Contoh saja ada SobatgenZ yang merasa menonjol di bidang jurnalis, tapi terpaksa harus kuliah di jurusan teknik karena orang tua atau pengaruh teman.

Foto : educationone-indo.com
Hal itu tak sepenuhnya salah kok, namun bila dirasa berat dan butuh refreshing, maka boleh-boleh saja untuk meluangkan waktu menulis di blog, atau di media sosial sebagai salah satu pelarian yang bermanfaat, agar tidak terlalu bosan kuliah.

2. Cari Teman yang Paling Mengerti Kamu dan Mau Menemani Saat Sulit

Kuliah memang tak seperti sekolah SMA maupun SMP yang mudah mendapat teman, karena saat kuliah ini mencari teman memang agak susah-susah gampang, tapi nantinya pasti akan ada yang paling klop untuk menemani kamu.

Foto : ilmubahasainggris.com

Jangan merasa kecil hati saat kamu sendiri, dan berusahalah untuk membuka diri sedikit demi sedikit. Memberi kepercayaan ke orang baru memang sulit, apalagi kalau kuliah ini kamu merantau jauh dari keluarga dan harus kost dekat kampus, maka kenalilah sekelilingmu dengan cermat ya SobatgenZ.

3. Ingat-Ingat Sudah Sejauh Mana Kamu Melangkah, Flashback Sesekali

Saat berada di tengah-tengah semester kuliah, antara semester 4 sampai 6 memang agak berat ya SobatgenZ. Karena di fase inilah, hal paling jenuh dan berat yang kamu alami itu datang.

Entah itu merasa salah jurusan, merasa kurang maksimal, atau merasa kesepian karena teman kamu sibuk dengan urusannya masing-masing. Semua akan kamu rasakan, tapi jangan khawatir lagi. Sebab kamu bisa flashback dan mengingat perjuangan kamu kuliah dari awal, dengan begitu kamu akan sadar betapa kuatnya kamu sudah sampai di fase ini.

Foto : dreamstime.com

Sesekali pujilah dirimu sebagai reward, supaya kamu lebih percaya diri. Jangan lupa untuk semakin mengasah skillmu, supaya bisa mendukung karirmu setelah lulus nanti. Karena IPK tinggi saja, tidak cukup untuk membuatmu sukses di kehidupan yang luas ini.

Sekian informasi tips mengenai cara untuk tetap survive saat kuliah, semoga bisa menjadi motivasi untuk kamu yang sedang merasa down! Tetap semangat ya SobatgenZ!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done