Gejala Diabetes Pada Wanita Yang Harus Diketahui - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 16 May 2020

Gejala Diabetes Pada Wanita Yang Harus Diketahui

Hellosehat.com


Portalgenz.com - Diabetes atau yang biasa disebut kencing manis atau silent killer merupakan penyakit berbahaya, namun masih dianggap enteng oleh sebagian masyarakat. Faktanya penyakit ini dapat menyerang siapapun baik pria maupun wanita, masih muda maupun yang sudah tua. Ada beberapa gejala diabetes pada wanita yang perlu diketahui dan diwaspadai, khususnya untuk para wanita.

Diabetes sendiri memiliki dua tipe, yaitu tipe 1 serta tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan penyakit dimana tubuh benar-benar berhenti dalam memproduksi insulin sebab terdapat kerusakan pada sel pankreas. Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang biasa diderita, dimana pada tipe ini pankreas tidak mampu memenuhi produksi insulin yang memadai.

Lalu apa saja gejala diabetes pada wanita? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini,

1. Sering Buang Air Kecil


Gejala diabetes pada wanita yang pertama yaitu sering buang air kecil. Karena tingginya kadar gula membuat tubuh menarik air dari sel ke darah.

Hal tersebut yang menyebabkan tubuh kelebihan cairan sehingga dikeluarkan dalam bentuk urine. Sehingga para penderita akan membuang air kecil dengan frekuensi yang meningkat.

2. Mudah Lelah


Mudah lelah merupakan salah satu gejala diabetes pada wanita, karena tubuh tidak berhasil mengubah glukosa menjadi energi. Karena tubuh tidak memiliki energi yang baik dan cukup, maka para penderita diabetes akan sering merasa kelelahan.

3. Menurunnya Berat Badan 


Penyakit diabetes dapat mengakibatkan turunnya berat badan secara drastis. Hal tersebut dikarenakan tubuh tidak mampu menggunakan glukosa secara efektif serta lemak dipecah menjadi sumber energi. Penurunan berat badan secara drastis merupakan gejala diabetes pada wanita.

4. Mata Menjadi Buram


Efek akibat penyakit diabetes yaitu mata menjadi buram. Karena tingginya kadar gula dalam tubuh mempengaruhi kemampuan penglihatan penderitanya.

5. Sering Haus


Gejala diabetes pada wanita yaitu penderita akan merasa haus di setiap waktu. Hal ini terjadi karena frekuensi buang air kecil bagi penderita sangatlah sering. Dengan begitu tubuh akan kekurangan cairan.

Sering haus menjadi reaksi penderita untuk memenuhi kebutuhan cairan yang terbuang agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

6. Mudah Lapar


Selain merasa sering haus, gejala diabetes pada wanita yang sering dirasakan yaitu lapar. Karena tubuh tidak mampu memproses glukosa dengan baik sehingga tubuh menjadi mudah lapar sebagai sumber energi.

Itulah beberapa gejala diabetes pada wanita yang perlu diketahui. Untuk mengetahui lebih jelasnya kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done