Girls, Begini Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 12 May 2020

Girls, Begini Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan

Sehatq.com


Portalgenz.com - Sebagian wanita akan merasakan nyeri setiap bulannya ketika sedang haid. Setidaknya terdapat 3 dari 4 wanita yang merasakan nyeri haid ringan, sedangkan satu dari 10 wanita merasakan gejala yang parah.

Meskipun begitu, ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Beberapa diantaranya sebagai berikut,

1. Melakukan Olahraga ringan


Olahraga ringan di percaya dapat mengatasi nyeri haid dibandingkan dengan bermalas-malasan di tempat tidur. Karena dengan berolahraga membuat peredaran darah tubuh menjadi lancar, serta menghasilkan hormon endorfin yang mampu meredakan nyeri alami dan mengurangi hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin merupakan hormon yang menyebabkan kram serta rahim berkontraksi.

Selain itu olahraga dapat mengendurkan otot dan meningkatkan suplai darah. Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan ketika hal seperti jogging, senam aerobik, dan lainnya. Selain mengatasi nyeri, olahraga juga dapat meningkatkan mood.

2. Mengompres Perut


Bagian yang terasa sakit ketika haid biasanya adalah perut. Untuk mengatasinya kamu bisa mengempes perut menggunakan air hangat. Karena suhu yang rendah dapat melemaskan otot rahim dan mengurangi rasa nyeri.

Kamu bisa menempelkan handuk atau botol hangat di perut ketika nyeri, serta mengulanginya. Cara ini cukup aman dan tidak menyebabkan efek samping apapun. Selain itu kamu juga bisa mandi menggunakan air hangat untuk merilekskan tubuh serta pikiran.

3. Minum Teh Chamomile


Berdasarkan penelitian teh chamomile dapat mengurangi rasa nyeri ketika haid. Karena teh ini memiliki kandungan senyawa hippurate yang bermanfaat untuk melawan peradangan. Dimana senyawa anti radang mampu mengurangi produksi hormon prostaglandin dan meredakan rasa sakit.

4. Akupuntur


Akupuntur dipercaya efektif untuk mengatasi kram perut ketika haid. Akupuntur sendiri merupakan pengobatan tradisional dengan cara menekan beberapa titik di bagian tubuh tertentu menggunakan jarum untuk merangsang beberapa saraf.

5. Perhatikan Konsumsi Makanan Serta Minuman 


Ada beberapa makanan serta minuman yang sebaiknya dihindari ketika haid. diantaranya makanan berlemak, tinggi garam, bergula, serta minuman beralkohol, dan kafein. Karena makanan dan minuman tersebut menambah nyeri haid.

Anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang baik. Misalnya makanan berserat tinggi seperti buah dan sayuran serta minuman air mineral, jahe hangat dan lemon.

6. Kurangi stres


Girls, stress yang berlebihan menyebabkan nyeri haid semakin parah. Sehingga Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan dapat mengurangi stres. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menonton film, meditasi, atau berjalan santai untuk mengurangi stres.

Saat sedang stres, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan yaitu menarik nafas dalam-dalam makanan secara perlahan. Karena teknik tersebut meringankan beban yang ada di kepala.

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa kamu lakukan. Apabila cara-cara tersebut belum berhasil, kamu bisa berkonsultasi pada dokter untuk meminta saran yang tepat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done