Hindari Makan Berlebih Ketika Puasa, Lalu Bagaimana Menjaga Pola Makan Supaya Seimbang? Simak 4 Tips Di Bawah Ini! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 2 May 2020

Hindari Makan Berlebih Ketika Puasa, Lalu Bagaimana Menjaga Pola Makan Supaya Seimbang? Simak 4 Tips Di Bawah Ini!



Foto : makanmana.net

Tak jarang ketika berbuka puasa, terkadang kita makan secara berlebihan. Bahkan sampai perut terasa penuh dan sesak, hal ini disebabkannya karena makanan yang terus masuk tanpa jeda sedikit pun. Maka hal tersebut sungguh tak sehat ya SobatgenZ, sebab itu berikut akan diberikan 4 tips menjaga pola makanmu saat berpuasa!
1. Jaga Asupan Air yang Cukup, Supaya Tidak Dehidrasi
Tips menjaga pola makan saat puasa yang pertama adalah, menjaga asupan air yang masuk, supaya tidak dehidrasi karena mendapatkan asupan air yang cukup.

Foto : Pinterest.com

Pernahkah SobatgenZ mendengar tips kesehatan, yang mengatakan bahwa terkadang lapar adalah tipuan? Ya, benar. Hal tersebut terjadi karena sebenarnya kita mengalami dehidrasi, namun malah terus-terusan makan yang mengakibatkan saluran pencernaan ini terus ingin mengolah makanan. Sebab itulah, jangan lupa untuk memberi jeda saat kamu benar-benar ingin makan, ya!

2. Menghindar dari Makanan Olahan, yang Biasanya Kurang Sehat

Saat berbuka puasa, kita lebih disarankan untung mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sehat ya SobatgenZ, hal ini wajib karena kedua makanan itu kaya akan serat.

Foto : HiMedik.com

Sedangkan untuk makanan olahan yang mengandung tinggi gula, memang tidak disarankan. Karena selain kurang sehat, ternyata juga bisa membuatmu merasa lebih cepat lapar dari biasanya.

3. Menghindari Makanan yang Terlalu Banyak Minyak, Seperti Gorengan

Tips ketiga untuk menjaga pola makan saat puasa, yakni menghindari gorengan. Nah, gorengan sendiri memang tidak baik untuk tubuh, karena cukup sulit dicerna. Namun tetap saja masih banyak orang yang membeli gorengan, secara berlebihan saat berbuka, kebiasaan ini harus dikurangi ya SobatgenZ.

Foto : Pinterest.com
Kamu tidak mau kan pencernaan yang ada dalam perut ini kelelahan saat mencoba mencerna lemak minyak gorengan ini? Meskipun kalap mata, tapi kendalikan ya! Karena perut yang tadinya kosong, lalu diisi dengan makanan yang berat justru bisa mengganggu saluran pencernaan.

4. Atur Jadwal Tidurmu, dengan Cukup Waktu

Begadang memang dirasa kurang baik, karena selain kurang istirahat, begadang pun bisa menyebabkan orang mudah lapar. Maka tips terakhir dalam menjaga pola makan ketika puasa ini adalah atur jadwal tidur!

Foto : genpi.co
Jika memang ada pekerjaan yang dirasa banyak, maka sempatkanlah tidur dahulu minimal 4 jam ya SobatgenZ, supaya badan lebih rileks.
Sekian beberapa tips untuk menjaga pola makan supaya tetap teratur saat berpuasa, semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done