Ingin Mandiri dengan Biaya Kuliah Sendiri? Coba Lakukan Beberapa Aktivitas Pekerjaan Ini! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 12 May 2020

Ingin Mandiri dengan Biaya Kuliah Sendiri? Coba Lakukan Beberapa Aktivitas Pekerjaan Ini!

Foto : unsplash.com


Portalgenz.com -
Kamu yang sedang memiliki rencana untuk kuliah, tetapi tidak ingin merepotkan orang tua. Itu merupakan salah satu keputusan yang sangat baik. Selain itu juga dapat membuatmu menjadi pribadi yang mandiri, dan pekerja keras. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mandiri, salah satunya adalah melatih skill dan kreavitasmu dalam bekerja.
Meskipun memang ada banyak tawaran beasiswa, namun proses seleksi dan persyaratan yang panjang terkadang membuat kita belum beruntung. Tapi jangan sedih, sebab masih banyak juga peluang kerja di luar yang tetap membuatmu jadi seorang yang mandiri. Bingung memulainya darimana? Yuk, simak beberapa aktivitas pekerjaan yang bisa kamu sambi dengan kuliah berikut!
Bekerja di Cafe atau Restoran
Aktivitas pekerjaan yang pertama, yakni bekerja di cafe ataupun restaurant. Banyak kita jumpai para waiters atau barista yang masih berstatus mahasiswa. Bahkan para pemilik cafe sengaja memilih pegawainya yang merupakan kalangan anak muda dan ada beberapa yang sedang berkuliah.
Hal ini disebabkan karena cafe sebagian besar pengunjungnya, adalah anak muda dan mahasiswa yang sekedar ingin bersantai atau numpang wifi untuk mengerjakan tugas. Jadi jika kamu menjadi pegawai cafe, tidak ada salahnya diwaktu senggangmu, bukalah sedikit materi kuliahmu dengan gadget, jika memang ada tugas.
Foto : unsplash.com

Tidak perlu khawatir dengan kuota,
karena kebanyakan cafe pasti memasang wifi. Menjadi waiters atau barista pun bukan hal yang memalukan kok, bahkan kamu bisa mendapatkan teman baru dan pengalaman yang berharga di sana.
Menjadi Bisnis Online
Bisnis ini juga sudah sering dijumpai dikehidupan mahasiswa. Karena bisnis ini cukup mudah dan memiliki waktu yang sangat fleksibel.
Biasanya ada yang menawarkan menggunakan jasa kirim atau dengan COD, bila customermu meminta untuk COD. Pastikan juga, waktu yang kamu berikan tidak mengganggu jadwal kuliahmu, sehingga kamu bisa membaginya dengan baik!

Foto : unsplash.com

Guru Les atau Mentor Siswa
Untuk yang memiliki jurusan matematika, biologi, fisika atau mata kuliah penting lain. Mahasiswanya banyak yang menawarkan untuk menjadi guru les. Akan lebih mudah jika menjadi guru les privat, karena kamu bisa mencocokan waktu siswamu dengan jadwal kuliahmu tanpa terikat dengan bimbel atau lembaga pembelajaran.
Gaji yang kamu dapat juga tidak sedikit, biasanya kamu dibayar perjam. Sehingga gunakanlah trik perhitungan yang baik dalam satu jam tersebut!
Masih banyak lagi pekerjaan freelance atau paruh waktu lainnya, untuk SobatgenZ yang ingin mandiri saat berkuliah. Penasaran? Jangan lupa stay terus di portalgenz, untuk tahu informasi dan tips unik penting lainnya yang pastinya bermanfaat untuk generasi milenial!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done