Ini Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, 17 May 2020

Ini Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Idntimes.com


Portalgenz.com - Mengapa iklan-iklan dan bungkus rokok sekalipun menyatakan bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan tubuh? karena setiap rokok yang dihisap akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Bahkan 20% kematian diakibatkan karena kebiasaan merokok yang menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, masih banyak bahaya merokok bagi kesehatan tubuh lainnya yang perlu diketahui.

Kenapa merokok berbahaya untuk kesehatan tubuh? Karena dalam rokok terdapat 4000 bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan, 60 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Bahan yang berada pada sebatang rokok yaitu karbon monoksida, tar, gas oksidan, benzene.

Adapun Berikut ini merupakan beberapa bahaya merokok bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah,

1. Terjadinya Gangguan Kardiovaskular


Para perokok akan lebih besar terkena penyakit serangan jantung, bahkan perokok aktif beresiko 2-4 kali lebih besar menderita penyakit jantung. Terlebih jika perokok tersebut adalah seorang wanita yang mengkonsumsi pil KB

Karena ketika merokok maka akan ada banyak zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti nikotin. Zat nikotin mampu mengurangi kadar oksigen yang masuk ke dalam darah, lalu dapat merusak pembuluh darah, menaikkan tekanan darah, terjadinya penggumpalan darah, mempercepat detak jantung, dan memicu serangan jantung.

Bahkan Hal ini dapat berdampak pada orang sekitarnya atau perokok pasif. Di mana perokok pasif akan terkena penyakit kanker paru-paru dan penyakit jantung.

2. Otak


Bahaya merokok untuk kesehatan tubuh terjadi pada ada kerusakan otak bahkan kematian. Selain itu perokok juga akan meningkatkan terjadinya aneurisme otak yaitu pembengkakan pembuluh darah yang mengakibatkan pendarahan di otak ketika dinding pembuluh darah pecah.

3. Mulut serta Tenggorokan


Efek merokok bagi kesehatan ridho dapat menyebabkan gigi bernoda serta bau mulut. Selain itu kerusakan Indra serta penyakit gusi diakibatkan karena sering merokok. Sedangkan pada masalah kesehatan yang serius merokok dapat menyebabkan terjadinya risiko kanker lidah, bibir, tenggorokan, serta pita suara

4. Paru-paru


Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mengakibatkan kanker paru-paru. Hal ini disebabkan karena adanya bahan kimia pada rokok yang merusak sel paru-paru lalu berubah menjadi sel kanker. penyakit yang cukup mengkhawatirkan lainnya yaitu pneumonia, emfisema, dan bronkitis.

Itulah beberapa bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done