Jangan Disepelekan! Ini Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 22 May 2020

Jangan Disepelekan! Ini Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D

Hellosehat.com

Portalgenz.com - Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit bagi tubuh, khususnya pada tulang dan gigi. Adapun yang menyebabkan kekurangan vitamin D yaitu kurangnya asupan vitamin D, kurang terkena sinar matahari, dan berat badan berlebih. Penyakit akibat kekurangan vitamin D dapat menyerang anak-anak hingga dewasa.

Dampak Kurang Vitamin D pada Anak


Kekurangan vitamin D Yang masih ringan, biasanya tidak menimbulkan gejala yang begitu terlihat. Namun apabila sudah dalam kondisi yang bisa menimbulkan beberapa gejala.

Gejala pada bayi yang kekurangan vitamin D yaitu kejang-kejang, otot kaku, hingga kesulitan bernapas. Sedangkan bila terjadi pada anak maka akan mengalami gangguan seperti berikut ini,


  • Rakitis. Yaitu kondisi dimana anak mengalami nyeri otot, kelemahan otot, serta nyeri tulang kaki.


  • Gangguan pertumbuhan. Anak-anak akan mengalami gangguan pertumbuhan pada tinggi badannya akibat kekurangan vitamin.
  • Terlambat tumbuh gigi
  • Emosi serta mood anak mudah berubah.
  • Rentan terkena infeksi, misalnya infeksi saluran pernapasan.
  • Menyebabkan terkena kardiomiopati atau otot jantung melemah.


Bahaya Kurang Vitamin D pada Orang Usia Dewasa


Selain berbahaya untuk anak-anak, bagi orang yang berusia dewasa juga mengalami beberapa gejala akibat kekurangan vitamin D. Misalnya seperti sering kelelahan, merasa pegal, perasaan tidak enak, dan berbagai gejala khas lainnya.

Apabila sudah dalam kondisi yang menghawatirkan maka kekurangan vitamin D pada orang dewasa dapat mengakibatkan osteomalacia. Berikut beberapa penyakit yang berhubungan dengan kekurangan vitamin D yaitu,

1. Demensia


Menurut penelitian menyatakan bahwa orang dewasa yang kekurangan vitamin D lebih beresiko terkena penyakit demensia dan penyakit alzheimer. Dibandingkan dengan orang yang kita kekurangan vitamin D.

2. Skizofrenia


Skizofrenia merupakan penyakit kejiwaan yang dilihat dari gejala seperti berbicara ngawur, selalu berhalusinasi, dan cenderung untuk menarik diri dari lingkungan. Orang dewasa yang kekurangan vitamin D lebih beresiko menderita skizofrenia. Hal tersebut dinyatakan menurut hasil penelitian tahun 2014.

3. Penyakit jantung


Penyakit jantung merupakan penyakit yang dihubungkan dengan kekurangan vitamin D. Hal tersebut karena sebanyak 70% pasien yang mengalami angiografi koroner kekurangan vitamin D.

Itulah beberapa bahaya kesehatan akibat kekurangan vitamin D. So mulai dari sekarang penuhi kebutuhan vitamin D kamu ya sobat genz!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done