Jenis Buah Penambah Darah, Cocok Untuk Penderita Anemia. - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 13 May 2020

Jenis Buah Penambah Darah, Cocok Untuk Penderita Anemia.


Hellosehat.com

Portalgenz.com - Anemia merupakan masalah kesehatan akibat kekurangan sel darah merah yang bisa terjadi pada siapapun, baik dalam tingkat ringan maupun masalah yang serius. Karena sel darah merah yang sedikit akan mengganggu penyebaran oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Untuk mengatasinya kamu bisa mengkonsumsi jenis buah penambah darah.

Pasalnya bukan hanya sayuran dan daging yang dapat mengatasi anemia, melainkan ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi untuk memproduksi sel darah merah. Adapun kandungan nutrisi yang dibutuhkan bagi para penderita anemia adalah Asam folat, tembaga, zat besi, vitamin A serta vitamin B12.

Berikut ini merupakan jenis buah penambah darah yang cocok untuk penderita anemia diantaranya adalah,

1. Buah Semangka


Selain menyegarkan, buah semangka sangat baik untuk menambah sel darah merah. Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, buah semangka mempunyai kandungan vitamin C yang berguna untuk memudahkan tubuh dalam menyerap kandungan zat besi. Sehingga dalam mengkonsumsi buah ini, kamu sudah bisa mendapatkan dua manfaat tersebut.

2. Buah Jeruk


Buah jeruk menjadi jenis buah penambah darah dan HB terbaik karena memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Di mana kandungan tersebut dapat memproduksi sel darah merah baru dalam tubuh. Kandungan asam folat yang berada dalam satu gelas jeruk yaitu 31,5 mcg.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi atau komponen sel darah merah untuk mengikat oksigen. Anda bisa membuat es jeruk sebagai minuman penambah darah

3. Buah Kismis


Kismis merupakan buah kering dapat dijadikan camilan sehari-hari serta bermanfaat untuk mengatasi penyakit animia. Karena buah ini mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dimana terdapat kandungan zat besi sebanyak 2 gram dalam 2/3 gelas kismis.

Untuk mengkonsumsi buah ini, Anda bisa menambahkannya dalam berbagai olahan seperti ditambahkan ke dalam outmeal, sereal, kue dan lainnya.

4. Buah Anggur


Anggur memiliki kandungan asam folat serta vitamin A yang mampu membentuk sel darah merah. Dalam satu gelas terdapat 21 mcg asam folat. Meskipun mempunyai bentuk yang kecil, namun manfaat buah ini cukup besar ya!

5. Wortel


Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin tersebut berbentuk retinol dan berperan untuk memproduksi sel darah merah serta menyebarkan oksigen ke sel tubuh. Untuk meningkatkan sel darah merah Anda perlu mengkonsumsi wortel minimal 2 kali dalam seminggu.

6. Buah Stroberi


Strawberry merupakan buah favorit bagi banyak orang yang memiliki manfaat untuk menambah darah. Karena dalam buah ini terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Antioksidan juga bermanfaat melindungi beberapa sel tubuh dari radikal bebas.

Itulah beberapa jenis buah penambah darah yang cocok dikonsumsi oleh penderita anemia. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done