Jika Kartu ATM Hilang atau Tertelan Jangan Panik, Ada Solusinya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 28 May 2020

Jika Kartu ATM Hilang atau Tertelan Jangan Panik, Ada Solusinya!



Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Kini sudah banyak metode modern yang mengganti uang tunai, salah satunya dengan kartu debit atau ATM. Sehingga orang kini lebih memilih menggunakan kartu ini, untuk sistem pembayaran karena lebih praktis. Selain praktis, kartu ini pun ringan dan bisa langsung gesek saja di tempat yang tersedia mesin EDC.

Kartu ATM sendiri, didesain dengan bentuk yang kecil dan tipis. Sehingga mudah dibawa kemana-mana. Namun karena bentuknya yang seperti itu, kita pun terkadang tidak sadar bila kita sudah kehilangan kartu ini, yang biasanya dikarenakan terselip, jatuh ataupun dicuri orang. Jika sudah begitu, jangan panik dulu ya gengs, lakukanlah beberapa hal berikut!

Menghubungi Customer Service Bank yang Bersangkutan

Solusi pertama bila kartu ATM tertelan, yakni hubungi customer service bank. Carilah nomor customer service bankmu, pada situs resmi di internet atau media sosial. Namun, kamu juga bisa melihat langsung di buku rekeningmu jika memang ada.

Setelah berhasil terhubung melalui telepon, mintalah customer service untuk segera memblokir ATM, supaya tidak segera disalah gunakan oleh orang lain. Biasanya kamu akan dimintai nomer rekening dan nama, sesuai dengan buku rekeningmu.

Foto : unsplash.com

Pergi ke Kantor Polisi dan Meminta Surat Kehilangan

Jika proses pemblokiran sudah beres, maka langkah selanjutnya ketika kartu ATM hilang, yakni meminta surat kehilangan ke kantor polisi.

Jangan lupa untuk membawa KTP dan buku tabungan, sebagai data identitas diri. Membuat surat kehilangan ini tidak butuh waktu yang banyak, karena hanya sekitar lima menit saja kita bisa mengurusnya, jika memang tidak ada antrean yang panjang ya gengs.

Datang ke Bank yang Bersangkutan

Jika surat kehilangan sudah kamu dapat, tujuan kamu selanjutnya untuk mengurus kartu ATM yang hilang adalah ke bank yang bersangkutan, untuk mendapatkan kartu baru. Jelaskan permasalahanmu kepada customer service. Jangan lupa untuk selalu membawa KTP atau SIM, dan buku tabungan sebagai bukti identitas diri.

Biasanya kamu akan ditanya berapa saldo terakhir rekeningmu. Jika sesi pertanyaan sudah selesai, bank akan memberikanmu kartu ATM baru dengan password dan nomor rekening yang sama. Namun password ini juga bisa diganti, ya.

Foto : unsplash.com

Jangan lupa meminta bukti print out transaksi rekeningmu, untuk memastikan bahwa tidak ada kegiatan penarikan uang dari saldo oleh orang yang tidak dikenal.

Tetap Hati-Hati dan Selalu Waspada

Dengan adanya kejadian hilangnya kartu ATM ini, akan memberikan banyak pembelajaran bagi diri kita. Bahwa kita semua memang perlu meningkatkan kewaspadaan, dimana pun itu.

Foto : unsplash.com

Lebih disarankan juga untuk meletakkan kartu ATM, di dalam dompet yang terdapat slop khusus kartu, supaya lebih aman dan nyaman. Kemudian berhati-hatilah jika meletakkan dompet di saku celana ataupun tasmu, selalu mengecek ketersediaannya juga dikala bepergian. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done