Kamu Bingung Mengatur Keuangan di Masa Pandemic Ini? Ada Beberapa Tipsnya, Loh! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Thursday, 14 May 2020

Kamu Bingung Mengatur Keuangan di Masa Pandemic Ini? Ada Beberapa Tipsnya, Loh!

Foto : unsplash.com


Portalgenz.com - Kita semua pernah merasakan masa-masa sulit
, apalagi disaat seperti sekarang. Bahkan masa sulit ini tidak hanya dirasakan oleh kaum tertentu, melainkan semua orang pun akan merasakan dampaknya. Nah, kalau kemarin sudah diterangkan bagaimana tips menabung untuk generasi milenial, maka kini adalah tips mengatur keuangan disaat pandemic yang terjadi!
Jika dipikir-pikir, adanya social distancing sekarang ini justru membuat kita lebih banyak mengeluarkan uang. Karena mau tidak mau, SobatgenZ pun harus menyediakan stok makanan yang cukup di rumah, sampai pandemi ini selesai.
Adapula permasalahan tentang pekerjaan, seperti terjadinya banyak PHK pada perusahaan, usaha yang mulai sepi, dan lain-lainnya. Dengan begitu otomatis, kita pun harus mulai memikirkan bagaimana caranya agar uang berputar dan tidak segera habis di masa ini! Berikut tipsnya untuk SobatgenZ!
Atur Pos Pengeluaran, Saat Kamu Menerima Uang
Tips pertama dalam mengatur keuangan di masa pandemic ini yaitu, aturlah pos pengeluaran. Jadi biasanya, memang ada beberapa anggaran yang biasa kita list seperti tabungan atau investasi, cicilan, sosial, hiburan dan lifestyle.

Foto : unsplash.com
Namun di masa sekarang ini, dengan adanya social distancing, maka lifestyle pun bisa kamu ubah ke anggaran rutin dan tabungan. Contohnya seperti tagihan air, listrik, kuota, dan uang makan. Aturlah dengan benar, dan jika ada uang sisa, maka SobatgenZ bisa memasukan uang tersebut sebagai uang darurat di masa pandemi ini.
Langsung Bayar Tagihan Apapun, Setelah Menerima Uang
Tips kedua mengatur uang di masa pandemic ini, yaitu langsung bayar tagihan yang memang sudah kewajiban. Sebab yang namanya tagihan, sebaiknya jangan ditunda-tunda. Bereskan dulu tagihanmu begitu kamu punya uang. Seperti tagihan kendaraan, air, listrik, dan lainnya.
Karena kalau kamu hanya menunda-nunda saja, kamu tidak akan tahu keuanganmu akan seperti apa kedepannya. Jadi daripada selalu terpikirkan tagihan, dan juga selalu ditagih-tagih, sebaiknya SobatgenZ segera membayarnya, ya!

Foto : unsplash.com
Makan Masakan Sendiri
Dengan memasak makanan sendiri, tentu juga dapat memotong budget makanmu. Sebab bahan dan bumbu-bumbu dapur tidak akan menjadi boros, jika kamu masak hanya sekali dalam sehari. Hal itu dapat kita akali dengan masak lauk, sayur, dan makanan berkuah untuk makan tiga kali sehari.
Namun sebelum kamu belanja, jangan lupa untuk membuat daftar belanjaan, agar budget yang kamu keluarkan terkontrol dengan baik. Kamu bisa memikirkan mau masak apa hari ini, sehingga kamu hanya belanja kebutuhan yang mencakup masakanmu hari ini saja.
Jangan Gila Belanja, Saat Sudah Menerima THR
Tips terakhir dalam mengatur keuangan di masa pandemic, yaitu jangan gila belanja! Jadi bila kamu sudah menerima THR dari bosmu, sebaiknya jangan langsung kamu pakai untuk berbelanja. Maka lebih baik simpanlah dulu, karena kita juga belum tahu kapan berakhirnya pandemi ini.

Foto : unsplash.com
Kita pun juga belum tahu bagaimana ekonomi kita kedepannya. Kesimpulannya, jangan dulu memikirkan tentang baju baru, sepatu baru, atau make up baru. Kesehatan kita jauh lebih penting dari semua itu, maka simpanlah uangmu untuk kebutuhan yang mendadak nantinya
Sekian dulu tips mengatur keuangan di masa pandemic, semoga bisa diterapkan disaat genting ini ya SobatgenZ! Jangan lupa untuk utamakan kesehatan, dibanding kebutuhan lainnya terlebih dahulu!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done