Kamu Pelihara Kucing? Hati-Hati Kalau Kasih Makan Ya, Simak Tips Berikut! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 20 May 2020

Kamu Pelihara Kucing? Hati-Hati Kalau Kasih Makan Ya, Simak Tips Berikut!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Biasanya orang memelihara kucing, untuk menghilangkan rasa stressnya. Karena memang, kucing itu lucu dan menggemaskan, jadi hampir semua orang menyukainya. Maka jika kamu berniat memelihara kucing, kamu pun juga bertanggung jawab atas semua keperluannya.
Hal ini contohnya seperti dengan memberikan asupan makanan, dan minuman untuk kucing. Tapi kamu perlu tahu, bahwa tidak semua makanan bisa dimakan oleh kucing. Karena kucing memiliki sistem pencernaan yang cenderung sensitif. Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi kucing, baca selengkapnya!
Susu
Minuman pertama yang kurang tepat untuk dikonsumsi kucing, yakni susu. Nah, susu sebaiknya kamu berikan saat kucingmu masih kecil. Jangan sampai kamu memberikan susu, untuk kucing dewasa. Karena semakin kucing beranjak dewasa, ia menjadi intoleran terhadap zat laktosa yang ada pada susu.

Foto : unsplash.com

Kalau sampai kucing dewasa mengkonsumsi susu,
maka dia bisa langsung muntah dan diare. Tapi kalau SobatgenZ ingin tetap memberinya susu, sebaiknya berikan susu yang nonlaktosa atau kadar laktosanya rendah, ya!
Kopi
Sepertinya jarang ditemukan majikan yang memberikan kopi, kepada kucingnya. Tapi itu merupakan hal yang benar. Sebab kopi sendiri, mengandung teofilin dan theobromina. Kandungan tersebut mampu membuat kucing gagal jantung.
Untuk mengetahui kucing kamu mengalami gagal jantung, kamu bisa melihat detak jantung kucing atau dari tingkah lakunya. Jadi jangan sampai terkena kopi, ataupun tetesan kopi sedikit pun ya SobatgenZ!
Tulang
Makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi kucing selanjutnya, yakni tulang. Tulang sendiri memang tidak beracun untuk kucing, tapi sebaiknya kamu tidak memberinya. Karena tulang memiliki struktur yang keras, sehingga kucing akan sulit untuk mencernanya.

Foto : unsplash.com
Selain itu, kucing juga bisa tersedak secara tiba-tiba. Jika kamu tetap ingin memberinya tulang, kamu pastikan terlebih dahulu struktur tulangnya, dan berikan tulang yang lunak. Supaya lebih mudah dikunyah dan dicerna!
Ikan Tuna
Walaupun tuna sejenis ikan, tapi sebaiknya jangan kamu berikan untuk kucingmu, apalagi tuna kalengan. Karena tuna adalah sejenis ikan yang cenderung memiliki daging yang kering, yang sering dipakai untuk makanan kucing.
Sehingga mineral yang kurang pada tuna, dapat membuat kucing manjadi kekurangan gizi. Selain itu, tuna juga mengandung merkuri yang dapat menyebabkan kucing sering muntah dan sakit.
Alpukat
Makanan terakhir yang tidak direkomendasikan untuk kucing, yakni buah alpukat. Mengapa begitu? Sebab alpukat sangat baik untuk manusia, tapi tidak dengan kucing. Karena di dalam alpukat, mengandung zat persin yang mampu membahayakan kucing. Zat tersebut mampu membuat kucing sulit bernafas.

Foto : unsplash.com
Hal ini disebabkan karena, paru-paru kucing dipenuhi oleh air. Selain itu, biji alpukat juga akan mendatangkan masalah jika sampai tertelan oleh kucing.
Dengan memelihara kucing, kita juga tidak bolek asal dalam memberinya makanan dan minuman. Mungkin kucing akan terlihat doyan, tapi bukan berarti itu baik untuk kesehatannya.
Perhatikan terlebih dahulu untuk memberikan makanan atau minuman pada kucing, ya SobatgenZ! Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done