Kenali Penyebab Kolesterol Tinggi beserta Cara Pencegahannya - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 20 May 2020

Kenali Penyebab Kolesterol Tinggi beserta Cara Pencegahannya

Hellosehat.com

Portalgenz.com - Pada dasarnya kolesterol sangat penting untuk tubuh, namun kolesterol yang terlalu tinggi bisa mengganggu kesehatan. Kamu harus mengetahui penyebab kolesterol tinggi agar tidak menumpuk di pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah menjadi terganggu.

Kolesterol sendiri merupakan zat yang diproduksi dari organ hati secara alami, namun kolesterol juga bisa didapatkan dari makanan hewani seperti susu dan daging.

Penyebab Kolesterol Tinggi


Berikut ini merupakan beberapa penyebab kolesterol tinggi yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah

1. Berat Badan yang Berlebihan


Berat badan yang berlebihan dapat memperbesar risiko seseorang terkena penyakit kolesterol, karena meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh. Oleh sebab itu ada baiknya jika seseorang menurunkan berat badan yang berlebih. Dengan begitu maka kadar LDL (Kolesterol jahat) dalam tubuh berkurang serta kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dapat bertambah.

2. Mengkonsumsi Makanan Tidak Sehat


Jika kamu tidak menjaga konsumsi makanan yang bergizi, maka akan menimbulkan penyakit salah satunya adalah kolesterol tinggi. Karena salah satu penyebab kolesterol tinggi yaitu mengkonsumsi makanan lemak jenuh serta lemak trans yang berlebihan.

Beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi yaitu makanan hewani misalnya lemak pada daging, kuning telur, daging merah, jeroan. Beberapa makanan lainnya seperti susu full cream, keripik kemasan, popcorn, biskuit, kue kering, pun dapat menyebabkan kolesterol.

3. Stress


Penyebab kolesterol tinggi yaitu pikiran kacau atau stress. karena biasanya orang yang mengalami stress mengkonsumsi makanan tidak teratur dan berlebihan serta meningkatkan kadar kolesterol jangka panjang.

4. Merokok


Dalam sebatang rokok terdapat kandungan zat akrolein yang mampu mempengaruhi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. dimana hal tersebut dapat mengakibatkan kolesterol jahat menumpuk.

5. Kurang Berolahraga


Seseorang yang kurang berolahraga atau bahkan tidak pernah, dapat meningkatkan kolesterol jahat serta menurunkan kolesterol baik.

Cara Mencegah Kolesterol


Berikut ini merupakan cara cara pencegahan agar tidak terkena kolesterol tinggi yang harus kamu lakukan yaitu,


  • Hidup sehat
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat
  • Kurangi berat badan yang berlebih
  • Jangan merokok
  • Jangan kecapean atau stress
  • Rajin berolahraga


Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kolesterol serta pencegahannya yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done