Kulit Wajahmu Lagi Berminyak, Karena Iklim? Ini yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari! - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, May 18, 2020

Kulit Wajahmu Lagi Berminyak, Karena Iklim? Ini yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Dengan iklim Indonesia yang tropis, memang bisa memicu wajah kita menjadi berminyak. Sehingga biasanya kulit berminyak ini pun, dapat menjadi penyebab dari timbulnya jerawat.
Maka jika kamu punya tipe wajah yang berminyak, kamu pun harus ekstra dalam merawatnya! Adapula beberapa hal yang harus SobatgenZ tahu, yakni apa saja sih yang harus dilakukan untuk wajah yang berminyak, dan apa aja yang tidak boleh dilakukan? Berikut jawabannya!
Rajin-Rajinlah Membersihkan Wajah
Hal paling utama, yang harus dilakukan ketika wajah mulai berminyak karena iklim, yakni rajin cuci muka. Pastikan wajahmu selalu dalam keadaan bersih. Jumlah paling ideal untuk membersihkan wajah yaitu dua kali sehari, di pagi dan malam hari menjelang tidur.

Foto : unsplash.com
Pastikan membersihkan wajah dengan pembersih wajah, usahakan yang tidak memiliki kandungan sabun. Serta memiliki kandungan ph yang seimbang. Meskipun begitu, jangan membersihkan wajah terlalu sering.
Karena yang berlebihan justru akan berbahaya, dan lama-kelamaan bisa mengikikis minyak alami yang ada di kulit wajah kita. Lalu produk pembersih muka yang digunakan pun, sesuaikan juga dengan kondisi kulit. Biasanya pada cuaca tertentu, kondisi kulit akan berubah-ubah.
Menggunakan Toner yang Cocok
Toner biasanya digunakan untuk penyegar wajah, maka ketika wajah berminyak, pakailah toner khusus untuk kulit berminyak, yang pasti sangat membutuhkannya. Pilihlah toner yang mengandung bahan alami, seperti lidah buaya.
Agar wajah tetap sehat dan tidak terkikis, hindari juga pemakaian toner berbahan keras. Usahakan kamu menggunakan produk yang sudah terjamin keamanannya, supaya terhindar dari efek alergi atau semacamnya.

Foto : unsplash.com
Tetap Memakai Pelembab
Biasanya dokter atau pakar kulit, menyarankan pada wajah berminyak untuk menggunakan pelembab yang memiliki kandungan gliserin dan natrium hyaluronate. Karena kedua kandungan tersebut dapat menjaga kelembapan wajah.
Jangan memakai pelembab dengan tekstur yang berat, misalnya pelembab yang berbentuk krim. Jika kamu memakai krim jenis ini, maka pori-pori wajahmu akan tersumbat dan munculah jerawat.
Perhatikan Skincare yang Kamu Gunakan
Tips terakhir untuk wajah berminyak, yakni skincare yang digunakan. Sebab wajah ini memiliki kelenjar penghasil minyak yang lebih banyak dibanding jenis kulit lain. Jadi kamu perlu perhatikan, bahwa skincaremu tidak terlalu berat.

Foto : unsplash.com
Misalnya untuk serum, sebaiknya kamu gunakan serum yang berwujud cairan untuk mengurangi minyak pada wajah. Perhatikan kandungan skincaremu, jangan memilih skincare yang mengandung alkohol dan natrium. Memang bisa menghilangkan minyak pada wajah. Tetapi bisa membuat kulit di area T-zone menjadi sangat kering dan mudah terkelupas.
Untuk SobatgenZ yang memiliki wajah berminyak, tidak ada salahnya melakukan beberapa tips tersebut. Karena menjaga kulit wajah adalah hal yang wajib. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done