Laptopmu Sering Tiba-Tiba Mati? Jangan Panik Dulu, Ada Solusinya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 15 May 2020

Laptopmu Sering Tiba-Tiba Mati? Jangan Panik Dulu, Ada Solusinya!


Foto: unsplash.com

Portalgenz.com - Laptop memang bukan benda yang asing, khususnya bagi pegawai kantor, mahasiswa, bahkan siswa-siswi yang juga menggunakan laptop untuk keperluannya. Namun, tidak jarang juga laptop yang sedang kamu pakai tiba-tiba mati sendiri. Tentu hal ini sangat mengganggu pekerjaan dan tugasmu, kan?
Bahkan bisa pula dokumen yang sudah dibuat hilang begitu saja, karena belum sempat tersimpan atau belum dimasukan flashdisk. Kejadian laptop mati dengan tiba-tiba ini, memang ada penyebabnya. Jadi jangan dibiarkan saja, sebab nantinya akan bisa lebih rusak. Maka berikut ada beberapa penyebab beserta solusi laptop yang tiba-tiba mati untuk para SobatgenZ, jadi jangan panik dulu ya!
Overheat Atau Suhu Laptop Terlalu Panas
Sebab pertama laptop yang sering mati, yakni karena terlalu panas atau overheat. Hal ini terjadi karena, sirkulasi udara dalam laptop tidak lancar. Penyebab ini merupakan penyebab utama dan sering terjadi, pada kebanyakan laptop yang sering mati sendiri.
Sirkulasi tersebut tidak lancar karena kamu meletakkan laptopmu pada bidang yang tidak datar seperti bantal, kasur, sofa, dan semacamnya. Untuk solusinya sendiri, tentu saja kamu harus biasakan meletakan laptop dibidang yang lebih datar. Namun jika laptop masih terasa panas, maka SobatgenZ bisa memakai kipas pendingin atau cooling saat sedang menggunakan laptop.


Foto: unsplash.com
RAM Pada Laptop Kotor
Sebab laptop yang tiba-tiba mati kedua, yakni RAM yang kotor. Nah, RAM ini memanglah berada di dalam laptop, tetapi bukan berarti RAM tidak bisa kotor karena debu. Selain kotor, RAM pun juga bisa berkerak karena faktor usianya. Karena RAM adalah komponen laptop yang paling sering digunakan, untuk menyimpan data atau dokumen.
Untuk menghilangkan kotoran yang berada di RAM, kamu bisa menggunakan penghapus untuk membersihkannya. Kamu juga bisa sekalian mengupgrade kapasitan RAM yang kamu miliki dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.
Kipas Pendingin Prosesor Berdebu
Sama seperti RAM tadi, kipas pendingin juga bisa berdebu, sebab itu alasan ketiga mengapa laptop tiba-tiba mati ini terletak pada kipas pendingin. Untuk kipas pendingin sendiri, ia memiliki fungsi meniupkan udara yang panas dari prosesor. Tentu saja udara yang ditiupkan banyak kandungan debunya. Hal inilah yang membuat kipas pendingin menjadi kotor.
Foto: unsplash.com
Maka sebaiknya, janganlah kamu biarkan. Kamu bisa membersihkan kipas pendingin tersebut secara rutin. Gunakanlah perangkat yang sesuai, untuk membersihkan kipas pendingin. Jika kamu memiliki kuas, kamu bisa menggunakannya juga SobatgenZ!
Pasta Pada Prosesor Mengering
Yang terakhir, yakni laptop mati karena pasta pada prosesor mengering. Hal ini biasanya terjadi pada laptop yang sudah berumur. Semakin dia berumur, biasanya pasta pada prosesor akan mengering. Sedangkan pasta prosesor sendiri, digunakan sebagai penghambat panas dari prosesor yang mengarah ke heatsink.
Dengan begitu sebaiknya kamu segera ambil prosesornya, lalu oleskan pasta baru pada bawah kipas prosesor dan usahakan oleskan secara merata. Pasta prosesor memiliki harga yang cukup murah, jadi kamu tidak perlu khawatir, dan bisa kamu dapatkan di toko-toko laptop terdekat.
Sekian penjelasan singkat terkait laptop yang mati tiba-tiba beserta solusinya, bila SobatgenZ belum mengerti atau merasa kesulitan, maka silahkan untuk mendatangi tempat service laptop supaya tahu secara mendetail. Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done