Lindungi Diri agar Tidak Tertular Virus Corona. Simak Pencegahannya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 19 May 2020

Lindungi Diri agar Tidak Tertular Virus Corona. Simak Pencegahannya!

Kompas.com


Portalgenz.com - Coronavirus merupakan penyakit yang termasuk ke dalam golongan virus seperti virus SARS dan MERS. Virus Ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China dan telah menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia.  Virus ini sudah menyerang ribuan orang dan menelan korban jiwa hingga ratusan, sehingga sangat penting untuk melakukan pencegahan agar tidak tertular virus Corona.

Penularan virus Corona dari satu orang ke orang lain sangat cepat. Sampai saat ini, belum ada obat yang mampu mengatasi infeksi virus Corona. Namun, kamu tetap bisa melakukan pencegahan agar terhindar dari penularan virus Corona, diantaranya sebagai berikut,

1. Mencuci Tangan dengan Bersih


Cuci tangan dengan benar dan bersih merupakan cara sederhana untuk mencegah virus corona. Cucilah tangan menggunakan sabun dan dibilas dengan air mengalir selama 20 detik. Seluruh bagian tangan seperti pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, hingga kuku harus terkena air dan sabun. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan tisu, handuk kecil, mesin pengering.

Jika kamu sulit menemukan air serta sabun, kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol sekitar 60% untuk membasmi kuman yang menempel di tangan.

Lakukan pencucian tangan dengan teratur, yaitu ketika menyentuh benda, setelah batuk atau bersin, setelah menggunakan toilet, setelah membuang sampah, sebelum dan sesudah makan.

2. Gunakan Masker


Penggunaan masker dapat mengurangi resiko tertular virus Corona. Pada dasarnya terdapat dua tipe masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus ini, yaitu masker N95 dan masker bedah.

Masker N95 merupakan masker khusus yang digunakan para petugas medis sebagai alat pelindung diri untuk merawat pasien virus Corona.

Sedangkan masker bedah merupakan masker umum yang biasa digunakan banyak orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Masker ini mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau, dan nyaman digunakan.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh


Imunitas tubuh yang kuat dapat mencegah masuknya penyakit/ virus ke dalam tubuh. Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kamu perlu melakukan pola hidup sehat. Seperti pola makan teratur, rajin berolahraga, memenuhi asupan gizi dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein.

4. Tidak Pergi ke Tempat Terjadinya Wabah


Ada baiknya jika kamu tidak pergi kemana-mana dan tetap di rumah saja untuk memutus rantai penularan COVID-19. Jika kamu tidak pergi ke tempat terjadinya wabah, kemungkinan besar kamu aman dari penularan virus kapsid 19.

Jangan lupa juga untuk menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing) sejauh minimal 1 meter. Kamu perlu menghindari tempat ramai seperti pasar, mall dan lainnya.

5. Menghindari Kontak Dengan Hewan Berpotensi Menular Virus 


Seperti yang sudah diketahui bahwa virus Corona berasal dari hewan kelelawar. Oleh sebab itu kamu harus menghindari kontak dengan hewan berpotensi menularkan virus mencegah terkena virus

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done