Makan Sahur Dalam Porsi Banyak, Tidak Menjamin Perut Kenyang Sampai Buka Puasa. Lalu Bagaimana Sebaiknya? - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 18 May 2020

Makan Sahur Dalam Porsi Banyak, Tidak Menjamin Perut Kenyang Sampai Buka Puasa. Lalu Bagaimana Sebaiknya?

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com – Beberapa orang memang memilih, untuk makan sahur dengan porsi banyak. Padahal itu tidak menjamin perut kita selalu kenyang. Justru dengan makan yang berlebihan, malah akan mengganggu kesehatanmu.
Nah, sahur sendiri merupakan salah satu hal terpenting ketika berpuasa. Maka kita pun harus pintar memilih makanan apa saja, yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini berarti bukan porsinya yang bertambah, tetapi jenis makanan yang cukup untuk membuat perut kenyang tahan lama, bagi SobatgenZ. Lalu apa saja makanan itu?
Nasi Merah
Makanan sahur pertama yang recommend yakni, dengan nasi merah. Sebab makanan ini sudah banyak kita kenal. Orang-orang yang mencoba diet pun juga biasanya mengganti nasi putih, dengan nasi merah.
Karena dengan makan nasi merah, walaupun sedikit saja maka kita akan cepat merasa kenyang, bahkan sampai waktu yang lama.
Itu disebabkan karena kandungan serat yang dimiliki nasi merah lebih tinggi, dari pada nasi putih. Karena serat yang tinggi, maka tubuh kita akan mencerna lebih lama. Maka kita akan tetap merasa kenyang sampai waktunya buka nanti!

Foto : unsplash.com
Tempe, Tahu, dan Kacang-Kacangan
Supaya mendapatkan protein dari nabati, kamu bisa menggunakan tempe, tahu, atau jenis kacang-kacangan untuk makanan sahur yang selanjutnya. Tapi usahakan, jangan makan tempe atau tahu yang disajikan dengan digoreng, ya. Kalau bisa hindari makanan yang digoreng, ketika sahur.
Karena bila SobatgenZ banyak memakan gorengan saat sahur, otomatis akan merasakan kantuk dan menganggu aktivitas di siang hari nanti. Olah lah tempe atau tahu ini menjadi sayuran berkuah. Atau bisa ditumis, dan ditambah dengan kacang-kacangan.
Ikan, Telur, dan Daging
Makanan sahur selanjutnya, yakni bisa menggunakan telur, ikan, atau daging, silahkan pilih salah satunya. Kamu bisa menggunakan protein hewani seperti ikan, daging, dan telur ini tentu saja dengan olahan selain digoreng, ya SobatgenZ!

Foto : unsplash.com
Untuk telur ini kamu bisa merebusnya, kemudian diolah menjadi balado. Sedangkan untuk daging, kamu bisa membuat sup daging dengan bumbu rempah. Serta untuk ikannya, maka buatlah ikan kuah asam, yang sepertinya cukup menarik. Cukup mudah, bukan?
Jeruk dan Pisang
Setelah memilih lauk-pauk, maka selanjutnya jangan lupa untuk makan buah ketika sahur. Hal ini tentu bisa menambah stamina dan daya tahan tubuh kamu! Untuk buah-buahannya, SobatgenZ bisa memilih jeruk atau pisang.
Dua buah tersebut mengandung magnesium dan potassium. Dengan adanya magnesium, akan membantumu memproduksi energi sepanjang puasa. Tapi selain dua buah ini, buah lain pun sehat untuk dikonsumsi juga! Tinggal cocokan vitamin sesuai kebutuhan tubuh kamu, ya!

Foto : unsplash.com
Herbal Alami
Kemudian untuk makanan sahur yang terakhir ini, sangat cocok untuk para penderita diabetes. Karena herbal dapat menstabilkan gula darah kita. Kamu bisa membuatnya sendiri seperti beras kencur, temulawak, dan lainnya.
Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk sahur, semoga informasi tersebut bisa diterapkan selama puasa SobatgenZ, ya! Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan stay positif!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done