Mengenal Penyakit Campak; Gejala, Komplikasi, Pencegahan dan Pengobatan - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 18 May 2020

Mengenal Penyakit Campak; Gejala, Komplikasi, Pencegahan dan Pengobatan


Lifestyle.okezone.com

Portalgenz.com - Campak merupakan penyakit berupa adanya kemerahan pada seluruh tubuh yang disebabkan karena infeksi virus. Penyakit ini dapat tertular dan menyebabkan komplikasi yang cukup serius, khususnya pada bayi serta anak-anak.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa menular melalui kontak langsung dengan air liur penderita ketika bersin maupun batuk. Penularan juga dapat terjadi saat menyentuh benda yang terkena air liur penderita serta menyentuh hidung maupun mulut penderita.

Faktor Terkena Resiko Campak


Banyak orang beresiko terkena penyakit campak karena beberapa faktor. Misalnya berpergian ke tempat yang sedang  terjadi wabah penyakit campak, belum diberikan imunisasi campak, serta kekurangan vitamin A.

Gejala Penyakit Campak


Para penderita tentu akan merasakan gejala penyakit campak yang diawali dengan demam, pilek, dan batuk. Setelah itu, muncul gejala baru berupa bercak putih disekitar mulut dan ruam kemerahan pada kulit wajah. Seiring berjalannya waktu, ruam tersebut dapat menyebar ke hampir bagian seluruh tubuh.

Komplikasi Penyakit Campak


Meskipun sering dianggap enteng, namun penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang cukup serius, seperti infeksi radang otak, paru-paru basah, serta radang telinga. Penyakit campak yang terjadi pada ibu hamil bisa menyebabkan janin lahir prematur bahkan resiko keguguran.

Pencegahan Penyakit Campak


Lebih baik melakukan pencegahan sebelum terkena penyakit campak. Untuk mencegahnya, kamu bisa memberikan vaksin campak setelah itu vaksin gabungan untuk penyakit campak, rubella, gondongan. Pemberian vaksin harus sesuai dengan jadwal yang diberikan dokter

Selain dengan imunisasi campak, pencegahan juga bisa dilakukan dengan tidak mengunjungi tempat yang mengalami wabah campak. Jangan lupa cuci tangan dan menjaga kebersihan untuk mengurangi resiko terkena campak.

Pengobatan Penyakit Campak


Pada dasarnya tidak ada pengobatan khusus untuk mengobati penyakit campak. Pasalnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya secara bertahap dalam beberapa hari kedepan. Gejala yang terjadi akan membaik secara bertahap, sekitar jangka waktu 10 hari sesudah terkena virus.

Untuk membantu meredakan gejala dengan cepat, para penderita perlu meminum air putih dengan cukup serta meminum obat untuk meredakan nyeri. Selain itu, suplemen vitamin A juga dibutuhkan untuk meredakan gejala.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit campak mulai dari faktor, gejala, komplikasi, pencegahan, serta pengobatan yang dilakukan. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done