Penyebab Cacar Air beserta Gejala dan Pengobatannya - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 18 May 2020

Penyebab Cacar Air beserta Gejala dan Pengobatannya

Hellosehat.com


Portalgenz.com - Penyakit varicella atau yang biasa disebut dengan cacar air merupakan infeksi yang terjadi pada kulit akibat virus varicella zoster. Biasanya, penderita yang mengalami sakit cacar akan terasa gatal di seluruh tubuh dan munculnya ruam kemerahan berair.

Sebagian besar orang menganggap bahwa cacar air merupakan penyakit yang ringan. Namun penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang lebih menghawatirkan, jika penderita mempunyai sistem imun tubuh yang lemah.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cacar air, Berikut ini merupakan penyebab gejala beserta pengobatan cacar air yang perlu kamu ketahui,

Penyebab atau Faktor Risiko Terkena Penyakit Cacar Air


Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa penyakit cacar air diakibatkan karena infeksi dari virus varicella zoster. Selain itu, orang lain dapat tertular penyakit cacar air melalui kontak secara langsung dengan cairan ruam maupun percikkan ludah si penderita.

Anak-anak di bawah umur 12 tahun memiliki resiko besar terkena penyakit cacar air. Adapun beberapa faktor lainnya yang dapat memperbesar terkena penyakit cacar air yaitu sebagai berikut


  • Bekerja di tempat umum yang ramai seperti rumah sakit, sekolah dan lainnya.
  • Belum pernah diberi vaksin cacar air, khususnya untuk ibu hamil
  • Belum pernah diberi imunisasi penyakit cacar air


Gejala Penyakit Cacar Air


Bagi penderita penyakit cacar air, tentu akan mengalami gejala-gejala seperti ruam merah pada punggung maupun perut. Selain itu gejala penyakit ini yaitu lemas, pusing, demam, serta nyeri tenggorokan

Pencegahan serta Pengobatan Penyakit Cacar Air


Sebelum terkena penyakit cacar air, sebaiknya kamu melakukan pencegahan dengan cara melakukan vaksin varicella atau vaksinasi cacar air. Di Indonesia, vaksinasi cacar air memang bukan termasuk imunisasi rutin lengkap, namun sangat dianjurkan untuk memakainya.

Apabila sudah terjangkit penyakit cacar air maka perlu diatasi dengan melakukan pengobatan. Hal tersebut bertujuan agar gejala yang dialami oleh penderita tidak bertambah dan dapat berkurang. Untuk mengobati penyakit ini kamu perlu menggunakan obat.

Berikut ini merupakan pengobatan mandiri yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit cacar air, diantaranya adalah,


  • Menggunakan pakaian yang baik, dengan bahan ringan dan lembut.
  • Tidak menggaruk maupun mengorek luka cacar air atau ruam dengan kasar.
  • Konsumsi makanan sehat serta memperbanyak minum air putih.


itulah beberapa hal mengenai cacar air yang perlu kamu ketahui, mulai dari penyebab, gejala, hingga pengobatan penyakit cacar air. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done