Penyebab Mimisan Secara Umum Yang Perlu Kamu Ketahui - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, 17 May 2020

Penyebab Mimisan Secara Umum Yang Perlu Kamu Ketahui

Merdeka.com


Portalgenz.com -  Mimisan atau epistaksis merupakan kondisi ketika darah keluar melalui lubang hidung. Mimisan dapat terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun apa saja penyebab mimisan secara umum?

Sebelum mengetahui lebih lanjut, kamu harus mengetahui 2 jenis mimisan yaitu posterior dan anterior. Mimisan posterior terjadi pendarahan pada belakang yang hidup, dan berkaitan dengan darah tinggi. Sedangkan interior terjadi pendarahan di depan hidung.

Adapun penyebab mimisan secara umum yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah,

1. Udara Yang Kering


Penyebab mimisan secara umum terjadi karena kondisi udara yang kering. Kondisi ini terjadi ketika iklim dingin, banyak yang terjadi infeksi saluran pernapasan atas mengapa pada saat suhu dan kelembaban mengalami kenaikan dan keturunan yang cukup drastis.

Bukan hanya itu, perbedaan suhu antara lingkungan luar yang dingin dengan suhu yang hangat dan kering ketika berada di rumah, membuat hidung tentang terjadinya pendarahan atau mimisan.

Mimisan bukan hanya terjadi pada saat kondisi dingin, namun bisa terjadi juga ketika iklim panas kering dengan kelembaban rendah atau saat terjadinya perubahan musim. Dimana iklim panas dapat membuat hidung menjadi kering hingga retak bahkan berdarah.

2. Menggunakan Obat Pengencer Darah


Ada banyak jenis obat pengencer darah misalnya aspirin, Jantoven atau Coumadin, anti-platelet Plavix, serta obat anti inflamasi nonsteroid. Pasalnya obat-obat tersebut yang menjadi penyebab mimisan secara umum.

Di mana efek dari penggunaan obat pengencer darah yaitu mengubah kemampuan darah untuk membeku dan menggumpal. Sehingga pendarahan yang terjadi di hidung tidak bisa dielakan bahkan sulit berhenti, dengan begitu terjadilah mimisan.

Biasanya obat yang digunakan ketika berada pada kondisi penyakit jantung atau pembekuan darah lainnya.

3. Cedera Pada Hidung.


Adanya cedera yang terjadi pada area hidung menyebabkan pembuluh darah di sekitar lubang hidung menjadi rusak dan berdarah. Biasanya penyebab mimisan ini terjadi pada anak yang sering mengorek atau menggaruk hidungnya terlalu kasar.

Namun terkadang orang dewasa juga sering mengalami mimisan akibat cedera pada hidung. Di mana adanya kebiasaan untuk menggaruk hidung yang gatal dengan berlebihan yang membuat hidung orang dewasa cedera.

4. Adanya Masalah Kesehatan Tertentu


Yang biasa jadi kekhawatiran ketika terjadi mimisan, yaitu diakibatkan karena adanya masalah kesehatan tertentu. Karena, tanpa disadari penyebab mimisan bisa karena kondisi masalah kesehatan seperti penyakit ginjal, Penyakit hati, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, serta penyakit lainnya.

Kondisi kesehatan yang paling umum menyebabkan mimisan yaitu gagal jantung kongestif serta hipertensi. Bahkan penyakit pilek pun bisa menyebabkan mimisan ketika hidung iritasi.

Itulah beberapa penyebab mimisan secara umum yang perlu kamu ketahui. Bila ada masalah yang sangat menghawatirkan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done