Penyebab Penyakit Tipes Beserta Cara Mencegahnya - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 12 May 2020

Penyebab Penyakit Tipes Beserta Cara Mencegahnya

Bandungkita.id


Portalgenz.com - Tipes atau Typus Abdominalis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang manusia dari berbagai kalangan usia. Penyakit infeksi akut ini dimulai dari selaput lendir usus.

Penyakit tipes cukup berbahaya bila tidak diobati, karena dapat menyerang seluruh jaringan tubuh manusia. Sehingga sangat penting untuk mengenali penyebab serta cara mencegah penyakit tipes.

Penyebab Tipes


Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan penyakit tipes antaranya adalah,

1. Kurang Menjaga Kebersihan


Hidup bersih memang sangat baik untuk kesehatan, karena ada berbagai penyakit yang disebabkan tidak menjaga kebersihan, salah satunya adalah tipes. Penderita tipes yang terkontaminasi kotoran bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan terinfeksi bakteri tipes.

2. Terjadi Musim Hujan


Penyakit tipes dapat menyerang beberapa orang ketika terjadi musim hujan. Karena musim hujan yang berada di wilayah rendah akan mengakibatkan banjir yang menjadi tempat perkembangbiakan bakteri cepat.

Beberapa bakteri tipes dapat berkembang di air keruh Selama musim hujan seperti salmonella typhimurium, Salmonella paratyphi A, Salmonella typhosa, Salmonella paratyphi B. Bakteri tersebut akan menginfeksi tubuh serta menyerang imunitas.

3. Jajan Sembarangan


Perlu diketahui bahwa anak-anak sangat beresiko terkena penyakit tipes akibat sering jajan sembarangan. Karena bakteri tipes mudah menempel dibungkus maupun makanan yang kotor. Terlebih jika anak tersebut tidak memiliki imunitas tubuh yang kuat.

4. Minum Air Kotor


Mungkin di beberapa tempat sangat sulit mendapatkan air bersih. Namun mengkonsumsi air atau sendiri dapat menyebabkan penyakit tipes. Misalnya air keran yang di masak, es batu balok, serta air yang menjadi tempat perkembangbiakan bakteri salmonella lainnya.

5. Kamar Mandi Kotor


Kamar mandi menjadi sarang bakteri bila tidak sering dibersihkan, dan menyebabkan penyakit tipes. Biasanya toilet umum juga menjadi bakteri karena terabaikan dan dipakai banyak orang. Di mana tipes dapat menular akibat tidak menyiram kotoran dengan bersih.

6. Lelah serta Imunitas Lemah


Imunitas yang lemah memang lebih rentan terkena penyakit dengan mudah, salah satunya penyakit tipes. Sebaiknya kamu tidak perlu melakukan kegiatan yang membuat diri terlalu lelah, dan perhatikan kesehatan tubuh.

Cara Mencegah Tipes


setelah mengetahui berbagai penyebab penyakit tipes, kami juga perlu mengetahui cara pencegahannya, sebagai berikut

1. Rajin Mencuci Tangan


Rajin mencuci tangan merupakan salah satu kegiatan hidup bersih yang perlu kamu lakukan. Cara ini cukup sederhana untuk menghindari bakteri dari berbagai hal yang kamu pegang seperti tangga, tiang, bersalaman, dan lainnya. Cuci tangan menggunakan air bersih dan sabun.

2. Mengonsumsi Air Putih Bersih 


Mulai dari sekarang kamu perlu memperhatikan air putih untuk dikonsumsi. Pilihlah air mineral yang sudah terjamin kebersihannya, untuk menjaga kesehatan dan menghindari bakteri.

3. Mencuci Bersih Sayur serta Buah


Sebelum mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran, ada baiknya untuk dicuci terlebih hingga bersih. Agar bakteri yang menempel pada bahan makanan tersebut dapat hilang.

4. Jangan Terlalu Lelah


Kuatkanlah imunitas tubuhbmu dengan menjaga keseimbangan antara aktivitas dengan istirahat. Jangan melakukan aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah serta istirahatlah dengan cukup. Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin.

Itulah beberapa penyebab beserta pencegahan penyakit tipes. Semoga bermanfaat ya sobat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done