Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Batuk Pilek Biasa dengan Flu - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 15 May 2020

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Batuk Pilek Biasa dengan Flu

Liputan6.com


Portalgenz.com - Penyakit batuk pilek biasa dengan flu memang memiliki gejala yang hampir sama, sehingga banyak orang yang terkecoh ketika membeli obat untuk menyembuhkan kondisi tersebut. Namun tahukah kamu sebenarnya kedua penyakit tersebut memiliki perbedaan, serta memiliki formula khusus menyembuhkannya.

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan antara penyakit flu dengan batuk pilek biasa yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah

1. Berdasarkan Penyebabnya


Berdasarkan penyebabnya kedua penyakit tersebut memiliki perbedaan. Di mana batuk pilek biasa terjadi akibat infeksi virus Rhinoviruses yang menyerang saluran pernafasan. Bahkan virus yang menyebabkan batuk dan pilek biasa lebih dari 200 penyakit virus. Penyakit batuk pilek sangat mudah menular dari satu orang ke orang yang lain.

Sedangkan flu disebabkan akibat serangan virus influenza dan menimbulkan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan gejala batuk dan pilek biasa. Namun juga memiliki cara penularan yang sama, itu dari satu orang ke orang lain nya.

2. Berdasarkan Gejalanya 


Berdasarkan gejalanya penyakit batuk dan pilek biasa diawali dengan rasa sakit di tenggorokan. Setelah itu selama 1 sampai 2 hari terdapat gejala yang timbul pada saluran pernapasan, seperti hidung tersumbat atau hidung meler. Dan pada hari kelima terdapat gejala yang disertai batuk-batuk.

Selain itu gejala batuk pilek juga ditandai dengan adanya cairan hidung atau biasa disebut ingus dalam beberapa hari. Warnanya timbul lebih gelap serta tebal, namun ingus yang gelap tidak selalu diartikan terdapat infeksi bakteri.

Sedangkan penyakit flu ditandai dengan adanya gejala sakit tenggorokan, sakit kepala demam, pegal otot, hidung tersumbat, serta batuk-batuk. Sakit kepala atau demam biasanya terjadi pada orang ketika flu. Sedangkan pada penyakit batuk pilek demam atau sakit kepala jarang terjadi.

3. Berdasarkan Waktu Pemulihannya 


Penyakit batuk pilek dan flu memiliki perbedaan waktu pemulihannya. Dimana batuk pilek terjadi selama satu minggu. Pada 3 hari pertama, gejala batuk pilek mudah ditularkan kepada orang lain. Oleh sebab itu diperlukan istirahat total di rumah hingga gejala sedikit membaik.

Apabila gejala penyakit batuk pilek tidak membaik hingga lebih dari 1 minggu kemungkinan dapat terkena resiko penyakit saluran pernapasan lainnya.

Sedangkan gejala penyakit flu akan membaik dalam waktu sekitar 2 - 5 hari. Namun terkadang penyakit ini membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu penyembuhannya. Jika penyakit flu tidak segera diatasi akan meningkatkan resiko terserang penyakit lain seperti pneumonia.

Itulah beberapa perbedaan antara penyakit batuk pilek biasa dengan penyakit flu. Semoga bermanfaat.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done