Sering Tidur Larut Malam? Ini Penyebab Insomnia. - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 13 May 2020

Sering Tidur Larut Malam? Ini Penyebab Insomnia.

Merdeka.com

Portalgenz.com - Apakah kamu sering tidur larut malam, lantaran sulit terlelap? Hal tersebut terjadi karena insomnia, yaitu ketidakmampuan dalam mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan. Insomnia menyebabkan beberapa masalah umum seperti menguras energi, mood, mengganggu aktivitas, bahkan masalah kesehatan yang serius. Oleh sebab itu kamu harus mengetahui penyebab insomnia.

Insomnia memiliki variasi berdasarkan waktu terjadi, yaitu dalam jangka pendek atau insomnia akut, serta bertahan lama atau insomnia kronis. Insomnia akut terjadi pada satu malam sampai beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis bertahan sampai 3 malam, satu minggu, bahkan sebulan.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab insomnia yang perlu Kamu ketahui diantaranya adalah

 1. Minum Kopi Terlalu Banyak


Minum kopi terlalu banyak menjadi penyebab susah tidur yang paling umum terjadi. Karena, kopi memiliki kandungan kafein yang membuat kamu terjaga. Apabila kamu meminum kopi terlalu banyak pada waktu penghujung hari maka kamu telah menghambat tidur nyenyak di malam hari.

Selain itu, metabolisme tubuh pada kafein semakin melambat seiring perkembangan usia. Yang awalnya tidak memiliki pengaruh apapun, namun kamu akan melihat efek yang sebenarnya nanti.

2. Bermain Hp Sebelum Tidur


Bermain Hp terlalu lama merupakan penyebab susah tidur yang tidak disadari banyak orang. Bukan hanya hp, melainkan laptop maupun TV. Karena sinar biru pada layar tersebut membuat mata kamu melek terus.

Terlebih kamu melakukan aktivitas yang muncul gejala insomnia atau menjaga otak untuk beristirahat seperti membalas email, bermain Facebook, tweeter, Instagram, chattingan dan lainnya.

3. Kondisi Kesehatan Mental


Kesehatan mental yang tidak baik merupakan penyebab insomnia secara psikologis. Di mana masalah pola tidur seseorang disebabkan akibat depresi, khawatiran yang tinggi, gangguan kecemasan klinis dan lainnya.

Jika kamu mempunyai ganggungan kecemasan dan terlalu memikirkan pola tidur justru menyulitkan kamu untuk tidur nyenyak. Sedangkan orang yang depresi berlebihan menyebabkan jumlah waktu tidur yang terlalu banyak.

Kondisi kesehatan mental lainnya yang dapat mengganggu tidur yaitu bipolar, kepanikan berlebih, PTSD, serta skizofrenia.

4. Menderita Sakit Kronis


Kondisi sakit kronis menyebabkan kamu terperangkap dalam ketidaknyamanan ketika tidur, seperti nyeri pinggang, arthritis, nyeri punggung, fibromyalgia, asam lambung, serta nyeri kronis lainnya. Selain itu, kekurangan jumlah tidur menyebabkan nyeri semakin memburuk.

5. Pengaruh Obat-obatan


Konsumsi obat guna mengatasi penyakit seperti tekanan darah tinggi, flu, pilek, asma, dan lainnya memiliki efek samping, yaitu insomnia. Karena beberapa obat memiliki kandungan kafein maupun zat stimulan lainnya yang dapat menghambat tidur. Oleh sebab itu kamu perlu pintar memilih obat, atau berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa penyebab insomnia yang membuat aktivitas tidur kamu terganggu. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done