Teman Kamu Membawa Toxic atau Pengaruh Buruk? Jangan Panik, Lakukan Tindakan Berikut! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 4 May 2020

Teman Kamu Membawa Toxic atau Pengaruh Buruk? Jangan Panik, Lakukan Tindakan Berikut!

Foto : Shutterstock.com

Portalgenz.com – Toxic tak hanya terjadi dalam suatu hubungan pasangan kekasih, namun toxic juga bisa terjadi pada suatu pertemanan. Mengapa demikian? Karena secara tidak sadar, kamu hanya dimanfaatkan secara sepihak, bahkan dia bukan teman yang menenangkanmu ketika ada masalah. Nah, kalau sudah tahu begini, tindakan apa yang harus kita lakukan padanya?
Sebelum itu, ketahui dulu bila kita tetap dekat dengan seorang yang toxic, maka hal tersebut bisa membuat kita cemas, merasa tidak nyaman, bahkan bisa pula berpengaruh sampai ke kesehatan mental. Nah, maka berikut tindakan yang harus kamu lakukan pada teman yang toxic:
1. Berilah Batasan Supaya Tak Terlalu Dekat
Setiap orang butuh yang namanya support dan kerja sama dalam suatu lingkup pertemanan, tapi jika setiap kamu cerita masalahmu ke dia yang merupakan teman toxic, maka dengan mudah ia hanya meremehkan dan membandingkan masalahmu saja. Padahal kekuatan setiap orang berbeda-beda.
Maka tips pertama untuk menghadapinya adalah beri jarak atau batas, supaya tak terlalu dekat ya. Terkadang orang yang memiliki sifat toxic ini tak menyadari apa yang ia perbuat, maka kamu harus memberi kode dengan menjauhinya sedikit. Tetap berteman boleh, namun jika orang itu mulai membawamu kesulitan, maka berilah alasan untuk tidak ikut campur juga dalam masalahnya, dan sebisa mungkin membatasi interaksi!
foto : Lifehack.org

2. Jangan Sampai Kebawa Emosi
Terkadang ada rasa ingin membalas memang ada, tapi jangan sampai hal itu kamu lakukan ya, karena dengan itu kamu tak ada bedanya dengan dia. Tetap tenang, dan jauhi kalau sekiranya membuatmu tidak kontrol dalam menahan emosi.
3. Beri Dia Saran yang Cukup
Jika dia memang teman toxic, pasti dia cenderung ingin didengar segala keluhan masalahnya, tapi merasa bodo amat dengan masalahmu. Bahkan dia secara tak sengaja akan membawamu dalam masalahnya, secara lebih dalam. Jadi di sinilah kamu harus bertindak tegas dengan memberinya nasehat.
Terkadang teman toxic ini akan curhat keluhan seperti dirinya yang tidak ada artinya, ia yang selalu merendah. Maka kamu pun bisa mengubah sedikit pola pikirnya, dan beri masukan positif. Mendengarkan ia cerita tidak masalah kok, tapi harus tetap menjaga interaksi tertentu.
Demikian beberapa tips yang harus kamu lakukan saat memiliki teman yang toxic, semoga kita dihindarkan dari teman yang seperti itu ya SobatgenZ!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done