Tidak Ada Salahnya Mencoba Ramuan Herbal di Masa Pandemic Ini, Kan? Simak Ramuan Berikut! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, 17 May 2020

Tidak Ada Salahnya Mencoba Ramuan Herbal di Masa Pandemic Ini, Kan? Simak Ramuan Berikut!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Karena covid-19 ini semakin menyebar, masyarkat pun berlomba-lomba menemukan cara untuk mengantisipasinya. Salah satu caranya yaitu, dengan ramuan herbal. Herbal sendiri merupakan ramuan alami yang dapat menyembuhkan penyakit tertentu, jika rutin dalam mengkonsumsinya.
Meskipun belum ada statement klinis yang menyatakan bahwa herbal bisa menyembuhkan covid-19, namun herbal ini mampu meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari corona. Berikut ini beberapa resep herbal tradisional Indonesia yang bisa kalian coba!
Kunyit Asam
Ramuan herbal yang bisa SobatgenZ coba pertama, yakni kunyit asam. Bahan ini memang tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Sebab banyak pula yang menggunakan bahan ini pada resep masakan Asia.

Foto : unsplash.com
Namun kunyit sendiri, sudah banyak yang menggunakannya untuk minuman tradisional sehat, karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Dikombinasikan dengan asam jawa, membuat herbal ini mampu meredakan nyeri haid, tekanan darah tinggi, bahkan mampu menurunkan berat badan.
Beras Kencur
Beras kencur merupakan salah satu minuman ramuan herbal, yang sering dikonsumi masyarakat Indonesia kedua. Hal ini mungkin merupakan salah satu yang favorit juga, sebab rasanya yang enak dan manis.
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi minuman herbal ini bisa dibilang lebih enak dibanding yang lainnya. Beras kencur dapat mengurangi kolesterol, menambah sistem kekebalan tubuh, dan mengatasi peradangan.
Temulawak
Untuk ramuan herbal ketiga, yakni temulawak yang biasanya banyak dikonsumsi oleh anak-anak. Hal ini disebabkan karena, ramuan ini mampu meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu ramuan ini bermanfaat untuk mengurangi gejala flu, meredakan mual dan pusing.

Foto : unsplash.com
Untuk membuatnya pun cukup mudah saja, SobatgenZ hanya perlu tumbuk temulawaknya. Lalu rebus dengan asam dan gula aren. Rebus sampai mendidih, dan biarkan sampai setengah air. Lalu siap untuk dikonsumsi!
Kumis Kucing
Ramuan herbal selanjutnya yakni kumis kucing, atau yang biasa kita kenal dengan teh jawa. Ramuan ini biasanya digunakan pada ramuan tradisional atau modern, karena tanaman ini mudah ditanam dan memiliki banyak khasiat.
Hanya dengan menyeduh dan menjadikannya teh, maka sudah mampu memberikan khasiat. Teh jawa ini pun juga memiliki manfaat untuk meredakan nyeri haid, tekanan darah tinggi, demam, bahkan sampai diabetes.

Foto : unsplash.com
Sarabba
Kemudian ramuan herbal yang terakhir, yakni sarabba. Mungkin belum banyak yang tahu tentang sarabba ini. Karena sarabba berasal dari Sulawesi Selatan. Sehingga penduduk setempatlah yang paling sering menikmati minuman ini.
Di berbagai acara adat pun juga biasanya menyeduhkan ramuan ini. Sarabba juga dikenal dengan minuman yang lezat. Selain lezat tentu saja juga memiliki khasiat yaitu, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina, serta mampu meredakan flu.
Beberapa rekomendasi ramuan herbal di atas ini, bisa SobatgenZ buat dirumah untuk mengisi waktu luang selama pandemic ini. Daripada mengkonsumsi minuman kaleng atau semacamnya, maka ramuan herbal memang lebih worth it. Selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done