3 Jenis Bubur Unik dan Menggoda Khas Cirebon - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 9 June 2020

3 Jenis Bubur Unik dan Menggoda Khas Cirebon

Portalgenz.com – Kamu tim bubur di aduk atau tim bubur gak diaduk nih gengs? Mau diaduk atau gak diaduk, sobatgenz tetap setuju kan kalau bubur adalah salah satu makanan terbaik yang paling nikmat disantap saat sarapan? Tapi, kalau biasanya bubur yang sering disantap adalah bubur dengan campuran suwiran ayam, lain halnya dengan bubur di Cirebon nih gengs! Di Cirebon, terdapat 3 jenis bubur unik yang berbeda dari bubur kebanyakan. Dilansir dari travelblog.id, simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Bubur Sop

Foto: travelingyuk.com

Bubur sop adalah salah satu bubur unik nan menggoda khas Cirebon yang bisa membuat sobatgenz langsung jatuh cinta hanya dengan satu suapan! Selain isian bubur yang sedikit berbeda dibandingkan bubur pada umumnya, yang membuat bubur sop ini istimewa adalah kuah bubur yang memiliki rasa tauco. Bubur sop dapat ditemukan di beberapa sudut Kota Cirebon dari sore hingga malam hari.

Penyajian dan isi dari campuran bubur ini tergolong unik dan beda dari bubur-bubur lainnya lho, pertama tuang bubur nasi ke dalam mangkuk, lalu tambahkan sayuran seperti wortel, kol, dan daun bawang. Setelah itu masukkan bihun, kacang kedelai goreng, suwiran daging ayam, bawang goreng, dan kerupuk emping. Kemudian tuang kuah bubur sop, dan berikan sambal cabai hijau sesuai selera. Di beberapa tempat, biasanya disediakan juga topping tambahan berupa ceker dan jeruk nipis. Waahh sedap banget yaa gengs!

2. Bubur Kari Ayam

Foto:  kumparan.com

Satu lagi bubur unik nan menggoda khas Cirebon selain bubur sop, yaitu bubur kari ayam. Bubur kari ayam ini bisa sobatgenz temukan di Pasar Kanoman, di ujung jalan Jl. Pengampon. Penyajian dan isian dari bubur kari ayam juga berbeda dari bubur-bubur kebanyakan lho! Pertama siapkan bubur di mangkok, lalu tambahkan isian bubur seperti tauge rebus, bihun, dan suwiran daging ayam. Bisa juga diberikan tambahan isian pelengkap lainnya seperti telur rebus, ati ayam, atau ceker presto. Setelahnya siram dengan kuah kari ayam hingga menggenangi seluruh buburnya, dan berikan sambal dan kecap sesuai selera. Hmm, lezat!

3. Es Bubur Kacang Hijau

Foto:  food.grab.com

Tidak hanya bubur asin, bubur kacang hijau yang ada di Cirebon juga memiliki citarasa tersendiri karena menggunakan sirup campolay. Di perempatan Kesepuhan arah Pasar Kanoman, terdapat es bubur kacang hijau yang terkenal akan kenikmatannya, dan pastinya wajib kamu coba! Penyajian bubur ini sebenarnya hampir sama dengan bubur kacang hijau lainnya, yang membedakan hanya penambahan es batu dan tentunya sirup campolay yang membuat es bubur kacang hijau ini semakin segar dan nikmat. Bagi para pecinta makanan manis, bubur yang satu ini bisa jadi pilihan kamu gengs!

Itu dia rangkuman 3 jenis bubur unik dan menggoda yang bisa sobatgenz temukan di Cirebon. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done