4 Gunung Terpendek ini Ramah Untuk Pendaki Pemula - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 10 June 2020

4 Gunung Terpendek ini Ramah Untuk Pendaki Pemula

Portalgenz.com – Mendaki gunung kini menjadi salah satu hobi dan aktivitas liburan yang paling diminati oleh kaum milenial. Mendaki gunung memang memberikan banyak sekali manfaat dan pengalaman, karena selain dapat menikmati indahnya panorama dari atas gunung dan melihat matahari terbit atau terbenam, mendaki gunung juga dapat membentuk fisik dan mental yang lebih kuat untuk menjalani hidup nantinya.

Sayangnya, mendaki gunung tidak semudah yang terlihat di foto-foto yaa gengs. Dibutuhkan fisik dan mental ekstra untuk dapat menjajal rute pendakian yang sulit. Nah, jika sobatgenz masih pemula dalam mendaki gunung, lebih baik untuk memilih beberapa gunung yang masih pendek dengan medan pendakian yang lebih ramah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut dirangkum 4 gunung terpendek di Indonesia yang cocok untuk para pendaki pemula.

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta (700 mdpl)

Foto: liputan6.com

Gunung pertama yang cocok banget untuk para pendaki pemula adalah Gunung Nglanggeran, karena tingginya yang hanya 700 mdpl. Cukup rendah kan gengs? Gunung yang berada di Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta ini merupakan gunung berapi purba yang terbentuk dari bebatuan karst. Tapi gak perlu khawatir kok, karena walaupun termasuk dalam tipe gunung berapi, Gunung Nglanggeran sudah lama tidak aktif sehingga aman untuk didaki.

Enaknya dari gunung ini adalah sobatgenz hanya membutuhkan waku kurang lebih satu jam untuk mencapai puncak Gunung Nglanggeran dan menyaksikan indahnya panorama Yogyakarta dari atas. Sepanjang perjalananpun sobatgenz akan disuguhkan dengan panorama alam yang menyegarkan mata dengan jalur setapak yang masih terbilang landai. Oiya, jika berkunjung ke Gunung Nglanggeran, sempatkan juga untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten, ya!

2. Gunung Besek, Wonogiri (850 mdpl)

Foto: soloupdate.com

Gunung ramah pendaki pemula selanjutnya adalah Gunung Besek, yang berada di perbatasan Wonogiri dan Pacitan. Walaupun gunung ini masih belum seterkenal gunung-gunung lainnya, Gunung Besek juga menawarkan panorama hijaunya hutan ketika sampai di puncak, dan tidak kalah indahnya dengan gunung-gunung lainnya!

Untuk mencapai puncak Gunung Besek, sobatgenz perlu trekking melewati hutan dan lereng perbukitan dulu. Tapi tenang saja, mendaki ke gunung ini masih bisa ditempuh dengan kendaraan kok, karena disana tersedia lahan parkir yang hanya sejauh 15 menit dari puncak. Medan di sepanjang jalan menuju puncak gunung pun juga masih terbilang mudah, sangat cocok untuk pendaki pemula!

3. Gunung Batu Jonggol, Bogor (875 mdpl)

Foto: lifestyle.okezone.com

Bogor memang terkenal dengan daerah yang dikelilingi oleh pegunungan. Maka tak heran, terdapat beberapa gunung di sekitar Kota Hujan ini. Salah satunya adalah Gunung Batu Jonggol, yang bisa menjadi pilihan para pendaki pemula karena tingginya yang hanya 875 mdpl. Sesampainya di puncak, sobatgenz akan dimanjakan matanya oleh pemandangan hamparan perbukitan yang hijau sejauh mata memandang. Tak perlu khawatir, medan menuju puncak gunung ini mudah untuk ditempuh kok, jadi aman untuk para pendaki pemula.

4. Gunung Andong, Magelang (1731 mdpl)

Foto: mytrip.co.id

Kembali bergeser ke Jawa Tengah, terdapat gunung yang memang sudah terkenal ramah bagi para pendaki pemula yaitu Gunung Andong. Karena sudah terkenal oleh para pendaki, Gunung Andong sudah memiliki jalur dan papan petunjuk yang jelas, sehingga sobatgenz tidak perlu khawatir tersesat selama mendaki. Gunung Andong juga memiliki sejumlah mata air, warung makan, hingga toilet di jalur pendakian sehingga semakin memudahkan para pendaki. Hanya sekitar waktu 2 jam, sobatgenz sudah bisa mencapai puncak dan menikmati panoramanya yang indah.

Satu hal yang unik dari Gunung Andong terletak pada bentuk puncaknya. Ketika mencapai puncak, sobatgenz akan melihat bagian puncaknya yang menyerupai punuk unta. Jika berani, sobatgenz bisa melintasi bagian puncak tersebut melalui jalan setapak yang sempit dan diapit jurang. Tertantang untuk mencoba?

Itu dia rekomendasi 4 gunung terpendek di Indonesia yang cocok untuk para pendaki pemula. Tapi jangan lupa gengs, walaupun medan pendakian lebih ramah dan gunung yang didaki tidak terlalu tinggi, tetap selalu lakukan persiapan fisik, mental, serta membawa segala kelengkapan yang dibutuhkan sebelum mendaki yaa!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done