4 Kuliner Legendaris Jakarta yang Bikin Ngiler! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Wednesday, 3 June 2020

4 Kuliner Legendaris Jakarta yang Bikin Ngiler!


Portalgenz.com – Sejak dulu hingga kini, Ibukota Jakarta sudah lekat dengan kesan kota metropolitan, lengkap dengan banyaknya pencakar langit dan restoran-restoran yang berada di berbagai sudut ibukota. Tetapi, dengan hiruk-pikuk ibukota yang tidak pernah berhenti, ternyata masih ada beberapa tempat makan yang masih eksis hingga kini hingga dilabeli dengan sebutan kuliner legendaris Jakarta, lho! Sudah bertahan sejak puluhan tahun lalu dan masih disukai para pecinta kuliner hingga kini, yuk simak 5 kuliner legendaris Jakarta yang bikin ngiler, dilansir dari tripzilla.id!

1. Bakmie Gang Kelinci, Menteng

Foto: bakmiegangkelinci.com
Gang Kelinci ternyata bukan sekedar lagu legendaris karangan Lilis Suryani lho! Gang Kelinci ternyata memang benar-benar ada, tepatnya di Kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di Gang Kelinci terdapat bakmie legendaris yang memiliki nama sesuai dengan lokasinya, yakni Bakmie Gang Kelinci.

Bakmie ini memang layak disematkan sebagai kuliner legendaris. Bagaimana tidak, Bakmie Gang Kelinci sudah berdiri sejak tahun 1957, dan popularitasnya masih belum luntur hingga kini, bahkan sudah mempunyai banyak cabang di Indonesia. Pengunjung pun datang silih berganti mengisi setiap tempat duduk yang ada demi menyantap semangkok bakmie ayam jamur yang gurih dan lezat. Soal rasa tentu tidak perlu diragukan lagi, nendang banget!

2. Laksa Betawi Assirot, Kebon Jeruk

 
Foto: pergikuliner.com
Jika ingin mencicipi kuliner khas Betawi yang sudah terkenal akan kelezatannya sejak puluhan tahun lalu, datang ke Laksa Betawi Asirot adalah jawabannya!

Sama seperti Bakmie Gang Kelinci, pengambilan nama Assirot juga berasal dari lokasi jualannya yang berada di Jalan Assirot 1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Berdiri sejak 1978, Laksa Betawi Assirot masih terus digandrungi para pecinta kuliner untuk menyantap semangkok laksa yang kaya akan rempah-rempah ini. 

Paduan ketupat yang dihidangkan bersama tauge, tahu, telur, daging semur, daun kucai, dan bawang goreng yang disiram dengan kuah laksa yang merupakan campuran dari santan dan rempah-rempah khas Indonesia ini memang memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Maka tak heran, meski telah melewati beberapa dekade, Laksa Betawi Assirot masih terus eksis hingga kini.

3. Gado-gado Bonbin, Cikini


Foto: zomato.com

Walaupun terlihat sederhana, jangan pernah meragukan citarasa Gado-gado Bonbin yang tak pernah lekang oleh waktu ini ya! Berdiri sejak tahun 1960, Gado-gado Bonbin masih eksis dikalangan pecinta kuliner sejak dulu hingga kini karena konsistensi rasa gado-gado yang dihidangkan. Warung makan gado-gado ini dulunya berada di Jalan Bonbin III, yang kini telah berganti nama menjadi Jalan Cikini IV, Menteng, Jakarta Pusat. 

Dalam sepiring Gado-gado Bonbin, terdapat berbagai macam sayuran, mulai dari tauge, kol, kacang panjang, bayam, timun, kentang, tahu, telur, dan bawang goreng yang diguyur oleh bumbu kacang khas Gado-gado Bonbin yang berbeda dengan gado-gado lainnya. Tambahan emping dan kerupuk udang menambah sajian gado-gado ini menjadi lebih spesial!

4. Soto Betawi H. Ma’ruf, Gondangdia


Foto: blackxperience.com

Belum afdol rasanya kalau belum menyebutkan Soto Betawi H. Ma’ruf kedalam daftar kuliner legendaris di Jakarta. Bagaimana tidak, warung soto betawi ini bahkan sudah ada dari zaman penjajahan lho sobatgenz, tepatnya sejak tahun 1940-an!

Berada di Jalan RP. Soeroso No. 36A, Gondangdia, Jakarta Pusat, Soto Betawi H. Ma’ruf masih eksis dikalangan pecinta kuliner hingga kini dikarenakan citarasanya yang autentik dan tidak pernah berubah. Paduan potongan daging dan jeroan yang disiram dengan kuah campuran santan, rempah-rempah khas, dan sedikit susu sapi murni membuat soto betawi ini memiliki kenikmatan diatas soto betawi lainnya. Padanan ini bahkan sudah gurih dan pas di lidah tanpa perlu campuran MSG! 

Itu dia rangkuman 4 kuliner legendaris Jakarta yang bikin ngiler! Duh, bacanya aja udah bikin ngiler, apalagi makannya ya? Daripada terus-terusan ngiler, yuk langsung buktikan sendiri kenikmatannya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done