4 Wisata Alam Paling Indah dan Unik di Bandung! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 22 June 2020

4 Wisata Alam Paling Indah dan Unik di Bandung!

Portalgenz.com – Berbicara tentang keindahan wisata di Bandung memang tidak ada habisnya ya, gengs. Kota yang kerap disebut sebagai Paris Van Java ini selalu menjadi salah satu kota terfavorit bagi para wisatawan untuk berlibur. Udaranya yang sejuk, lokasi kota yang berada di dataran tinggi, desain arsitektural kota yang masih mempertahankan peninggalan zaman kolonial, serta banyaknya pilihan wisata yang ditawarkan seakan menjadi karakter unik yang membedakan Bandung dengan ibukota provinsi lainnya. 

Wisata alam yang ditawarkan Bandung pun juga tidak kalah menarik dibandingkan wisata alam lainnya yang berada di Jawa Barat. Lalu wisata alam apa saja yang paling indah, unik, dan menarik dikunjungi di Bandung? Yuk simak rangkuman 4 wisata alam terindah dan terunik di Bandung yang harus dikunjungi berikut ini!

1. Sanghyang Heuleut, Cipatat

Foto: kumparan.com

Sanghyang Heuleut adalah sebuah kolam atau laguna kecil yang berada di kawasan Cipatat, Bandung Barat. Sanghyang Heuleut terkenal akan keindahan panorama yang ditawarkan, dengan air terjun sebagai sumber air kolam, berpadu dengan tebing-tebing putih dan pepohonan hijau yang mengelilingi kolam. Indah banget kan gengs!

Sanghyang dalam bahasa sunda berarti suci, sedangkan heuleut memiliki arti selang antara dua waktu / dunia. Penamaan kolam ini dibuat berdasarkan legenda dari masyarakat setempat, bahwa konon katanya kolam ini dulunya adalah tempat pemandian para bidadari dari kahyangan. Nah, bisa dibilang bahwa pemberian nama ini dibuat untuk menggambarkan kesucian dari kolam yang konon katanya sudah ada sejak jaman prasejarah ini. Keren banget ya, gengs!

2. Gua Sanghyang Tikoro dan Gua Sanghyang Poek, Cipatat

Foto: radin-mangata.blogspot.com

Masih di kawasan Cipatat, tepatnya didekat Sanghyang Heulet, terdapat dua gua eksotis nan indah bernama Gua Sanghyang Tikoro dan Gua Sanghyang Poek. Kedua gua ini berlokasi di satu area yang sama, dimana di Gua Sanghyang Tikoro terdapat aliran air jernih di bagian bawah gua ditambah panorama sekitar gua yang sangat indah, sedangkan Gua Sanghyang Poek terkenal dengan bentuk gua yang memiliki lansekap diagonal. 

Kedua gua ini terbentuk dari lava yang membeku saat terjadi letusan gunung berapi dan membentuk gua berstalaktit. Jarak antar kedua gua ini hanya 15 menit saja lho, jadi jangan sampai kelewatan untuk bermain dan memacu adrenalin di kedua gua eksotis ini ya!

3. Stone Garden, Padalarang

Foto: explorebandungbarat.com

Ketika mendaki sedikit ke arah puncak gunung Pasigit, maka sobatgenz akan menemukan Stone Garden, sebuah cagar geowisata penuh dengan kumpulan bebatuan karang yang terletak di Padalarang, Cipatat, Bandung Barat. Uniknya, karang-karang ini terdapat di pegunungan, bukan di pesisir pantai. 

Pasti sobatgenz jadi bertanya-tanya, kok bisa ada karang tetapi di pegunungan? Nah, menurut para ilmuwan, jutaan tahun yang lalu kawasan antara Padalarang dan Nagreg dulunya adalah sebuah danau purbakala. Lalu menurut teori, beberapa gempa vulkanik besar menyebabkan air danau raksasa ini surut, sehingga terciptalah sebuah lembah. Karang-karang yang berada di Stone Garden ini adalah sisa-sisa dari danau raksasa purbakala tersebut. Dengan segala keunikannya, keindahan Stone Garden wajib untuk kamu datangi dan rasakan sendiri!

4. Gunung Putri, Lembang

Foto: pinterest.com

Walaupun berlokasi di kawasan wisata Lembang, entah kenapa Gunung Putri belum sepopuler gunung-gunung lainnya seperti Gunung Tangkuban Perahu. Padahal, Gunung Putri tidak kalah indah lho!

Yang membuat gunung ini berbeda dengan gunung-gunung lainnya terletak pada puing-puing benteng peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh di area gunung. Kesan megah sekaligus misterius menyelimuti bangunan-bangunan yang didirikan pada era Perang Dunia I itu.

Menanjak ke arah puncak gunung, sobatgenz akan dimanjakan dengan pemandangan indah Kota Bandung dari atas, ditambah dengan hijaunya hutan pinus dan kabut yang menyelimuti kota. 

Itu dia ulasan 4 wisata alam paling indah dan unik di Bandung, yang pastinya wajib dikunjungi bagi kamu para pencinta wisata alam! Tapi jangan lupa gengs, sebelum berangkat ke wisata-wisata alam ini, pastikan untuk lakukan persiapan fisik, jaga kesehatan, serta membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan yaa!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done