4 Wisata Instagrammable dan Kekinian di Solo yang Wajib Dikunjungi - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 27 June 2020

4 Wisata Instagrammable dan Kekinian di Solo yang Wajib Dikunjungi

Portalgenz.com – Menjelajahi Kota Solo seakan tidak ada habisnya ya, gengs? Kota batik ini tidak hanya terkenal akan kulinernya yang menggugah selera saja, tetapi juga banyaknya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari banyaknya tempat wisata yang ditawarkan, ada beberapa wisata yang terkenal akan keindahan dan aestheticnya, sehingga cocok banget untuk foto-foto kekinian yang instagrammable! Penasaran wisata-wisata apa saja yang instagrammable di Solo? Simak ulasannya dibawah ini yuk!

1. The Heritage Palace

Foto: pariwisatasolo.surakarta.go.id

Pertamakali dibangun pada tahun 1892, The Heritage Palace dulunya adalah bekas pabrik gula yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Setelah lama terbengkalai, tempat ini disulap menjadi tempat wisata aesthetic nan megah bernama The Heritage Palace.  

Kini The Heritage Palace menjadi tempat wisata ala Eropa berlatarkan bangunan-bangunan tua bekas pabrik gula yang menawarkan sejumlah atraksi wisata, seperti Museum Transportasi, Museum Industri, Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Garden Resto Paradise, Kids Town, dan masih banyak lagi. Banyaknya atraksi wisata yang bisa dijelajahi berlatarkan bangunan-bangunan tua ala Eropa yang megah nan aesthetic, sobatgenz wajib foto-foto instagrammable disini!

2. Keraton Solo

Foto: merahputih.com

Berkunjung ke Solo rasanya belum lengkap kalau belum mengunjungi Keraton Solo kan gengs? Dengan arsitektur keraton bergaya Jawa dan bernuansa warna putih biru, disini sobatgenz bisa berwisata sejarah sembari foto-foto instagrammble lho!

Keraton Solo atau yang bernama asli Keraton Surakarta Hadiningrat adalah istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di tengah Kota Solo. Walaupun kompleks Keraton Solo ini sudah dijadikan tempat wisata, tetapi Sri Sunan beserta rumah tangga istananya masih tinggal dan menjalani tradisi kerajaan di keraton ini lho! Di keraton ini, terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

3. Kampung Batik Laweyan

Foto: indonesia.go.id

Karena Solo identik dengan batiknya, maka Kampung Batik Laweyan tidak boleh terlewat untuk dikunjungi! Selain dikenal sebagai sentra pengrajin batik di Solo, Kampung Batik Laweyan juga memiliki beragam sudut tersembunyi bernuansa sejarah nan antik, yang pastinya instagrammable lho!

Di kawasan sentra batik yang sudah ada sejak zaman kerajaan Pajang ini, sobatgenz akan disuguhi pengalaman unik saat mengunjungi kampung ini, yakni bisa merasakan sensasi belajar membatik, berbelanja produk-produk batik, hingga dapat menikmati bangunan-bangunan vintage paduan gaya arsitektur Jawa, Islam, dan Eropa yang menarik. Selain itu, di kawasan kampung batik ini juga terdapat gang bernama Ndalan Cilik yang terkenal dengan ornamen bercorak batik dan mural-mural unik di sepanjang gang. Cocok banget untuk foto-foto kekinian!

4. Gedung Djoeang 45

Foto: Twitter (@agendasolo)

Ingin menikmati indahnya bangunan khas zaman Belanda sembari foto-foto kekinian nan instagrammable di Solo? Mengunjungi Gedung Djoeang 45 adalah jawabannya!

Gedung yang sempat viral dan dijuluki “Solo Rasa Eropa” oleh netizen ini berada di Jalan Mayor Sunaro, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Gedung Djoeang 45 sudah berdiri sejak tahun 1880, dan pada awalnya digunakan sebagai gedung fasilitas penunjang bagi orang-orang Eropa di Benteng Vastenburg. Sempat terbengkalai selama kurun waktu yang cukup lama, Gedung Djoeang 45 kini termasuk sebagai salah satu Bangunan Cagar Budaya (BCB) Kota Solo yang harus dilindungi dan dilestarikan. 

Kompleks Gedung Djoeang 45 terdiri dari gedung yang menyatu dengan sebuah hotel bernama Boutique Hotel. Di sepanjang halaman gedung, terdapat patung-patung, prasasti, bangku-bangku, rerumputan sintetis, serta lampu-lampu yang semakin memancarkan keindahan gedung bergaya kolonial dengan sentuhan kekinian tersebut. Disamping bangunan megah ini, terdapat sebuah coffee shop kekinian nan aesthetic bernama Haluan Kopi yang wajib untuk disambangi setelah puas berfoto-foto ria di Gedung Djoeang 45!

Nah, itu dia 4 wisata instagrammable di Kota Solo yang bisa menjadi referensi perjalananmu ketika berwisata ke kota batik ini. Siapkan alat fotografi yang memadai dan perlengkapan traveling lainnya, yuk jelajahi wisata-wisata instagrammble di Kota Solo!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done