5 Curug Unik yang Wajib Didatangi di Bogor - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 2 June 2020

5 Curug Unik yang Wajib Didatangi di Bogor

Portalgenz.com – Bogor selalu menjadi salah satu kota primadona bagi warga Jabodetabek untuk berwisata, atau sekedar menghilangkan penat dari padatnya hiruk-pikuk kota. Terletak di pegunungan dengan banyaknya pilihan destinasi wisata merupakan salah satu alasan para pelancong untuk selalu kembali berwisata di Bogor. Destinasi wisata alam pun sering menjadi pilihan, terutama wisata alam curugnya yang sudah terkenal akan keindahan dan kejernihannya sejak dulu. Dari banyaknya curug yang tersebar di berbagai daerah di Bogor, berikut dirangkum 5 curug unik di Bogor yang wajib sobatgenz datangi ketika bermain ke Kota Hujan, dilansir dari berbagai sumber!

1. Curug Leuwi Hejo

Foto: alinea.id

Curug Leuwi Hejo berada di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Sentul, Bogor. Letaknya kira-kira sekitar satu setengah jam dari pusat Kota Bogor dan sekitar empat jam dari Jakarta.

Jika diartikan dalam bahasa sunda, curug berarti air terjun, leuwi diartikan sebagai relungan atau kolam, sedangkan hejo memiliki arti hijau. Persis seperti namanya, ketika sampai di Curug Leuwi Hejo, sobatgenz akan melihat air terjun dengan corak kehijauan yang berasal dari batu-batu besar yang berada di sepanjang air terjun. Suara gemericik air jernih yang mengalir ke sela-sela bebatuan lengkap dengan banyaknya pepohonan hijau di sekeliling air terjun menambah keindahan dari curug ini. Kedalaman air dari air terjun ini pun bervariasi, relungan paling dalam berada paling dekat dengan air terjun, semakin jauh semakin landai.

2. Curug Seribu


Foto: superadventure.co.id
Eits, jangan tertipu dari namanya ya! Walaupun namanya Curug Seribu, tapi bukan berarti ada seribu curug disini kok, sobatgenz. Curug ini terkenal akan ketinggian air terjunnya, tak tanggung-tanggung tingginya kurang lebih 100 meter lho! 

Curug seribu berada di Gunung Bunder, Kabupaten Bogor. Walaupun cukup jauh dari pusat Kota Bogor, Curug Seribu sangat layak didatangi sobatgenz karena keindahan air terjun dan pemandangan rerimbunan pohon yang menawan. Karena debit air yang terbilang cukup deras, sobatgenz yang ingin main air ke Curug Seribu harus lebih berhati-hati ya!

3. Curug Love

Foto: holamigo.id

Nama love yang disematkan pada curug ini bukan tanpa artinya lho! Pada awalnya, curug ini bernama Curug Leuwi Cateng, lalu masyarakat setempat mengubah nama curug menjadi Curug Love dikarenakan aliran curug yang menyerupai bentuk hati. Waahh unik banget ya sobatgenz!

Curug Love berlokasi di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Selain terkenal akan aliran curug yang menyerupai hati, curug ini juga disenangi para pecinta air terjun dikarenakan warna airnya yang biru jernih dibandingkan dengan curug-curug lainnya. Satu lagi nilai plus dari curug unik ini terletak pada pemandangan alam sekitar curug yang menyerupai Green Canyon. Wajib foto-foto nih, kalau main ke Curug Love!

4. Curug Cikuluwung


Foto: backpackerjakarta.com

Meskipun masih terbilang baru, curug yang satu ini sudah menyita banyak pecinta air terjun lho! Berlokasi di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, akses menuju curug ini cukup sulit karena jalanan yang terjal dan curam. Meski begitu, semua jerih payah menuju curug sirna sudah setelah melihat keindahan dari Curug Cikuluwung ini!

Selain karena airnya yang jernih, Curug Cikuluwung juga terkenal karena memiliki tebing bebatuan alami yang menawan. Bebatuan alami ini berbentuk seperti tumpukan batu yang tertata rapih mengelilingi air terjun. Wah keren banget yaa!

5. Curug Cikawah

Foto: kemana-lagi.com
Ingin merasakan sensasi berbeda ketika bermain di air terjun? Curug Cikawah adalah jawabannya!

Curug cikawah merupakan pertemuan dua aliran sungai, di sebelah kiri adalah aliran air yang sangat jernih dan dingin, sedangkan di sebelah kanan adalah aliran air yang hangat dan bercampur sulfur yang merupakan aliran Curug Cikawah. Beda dari yang lain bukan?

Tidak jauh dari curug, sobatgenz akan melihat kepulan asap dari kawah berlatarkan curug dan bebatuan. Sejauh mata memandang pun sobatgenz akan dimanjakan dengan pemandangan tumpukan bebatuan, hijaunya pepohonan, dan kepulan asap belerang. Karena rute menuju curug cukup terjal dan ekstrem, jangan lupa untuk lebih berhati-hati ketika berwisata ke Curug Cikawah ya!

Itu dia 5 curug unik yang wajib sobatgenz datangi ketika di Bogor. Selain airnya yang jernih, masing-masing curug memiliki keunikan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi kamu yang hobi bermain gemericik air jernih dengan panorama pemandangan yang menyegarkan mata. Jadi bagaimana, sudah tidak sabar bermain air di curug-curug unik dan menawan ini?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done