5 Destinasi Wisata Paling Wajib Dikunjungi di Ipoh Malaysia - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 9 June 2020

5 Destinasi Wisata Paling Wajib Dikunjungi di Ipoh Malaysia

Portalgenz.com – Jika mendengar kata Malaysia dan lokasi wisata, kira-kira daerah apa yang pertama kali terlintas di benak sobatgenz? Kuala Lumpur? Penang? Langkawi? Mungkin selama ini, kebanyakan wisatawan Indonesia lebih sering melancong ke daerah-daerah tersebut saja. Padahal, ada satu lagi kota di Malaysia yang juga tidak kalah indahnya dengan daerah lainnya di Malaysia yang sudah lebih terkenal lho!

Adalah Ipoh, yang merupakan ibukota dari Perak Darul Ridzuan, salah satu negeri di bagian utara semenanjung Malaysia. Jaraknya sekitar 2-3 jam dari Kuala Lumpur dengan jalur darat, atau bisa juga ditempuh dengan bus atau kereta api. Kota ketiga terbesar di Malaysia ini terkenal dengan white coffee nya serta kota dengan perpaduan bangunan bernuansa kolonial Inggris dengan tradisional melayu nya lho! Tentunya terdapat sejumlah destinasi wisata yang sayang untuk dilewati jika berkunjung ke Malaysia. Penasaran? Yuk simak rangkuman destinasi wisata di Ipoh yang wajib dikunjungi!

1. Kellie’s Castle

Foto: flickr.com

Sekilas kastil ini mungkin hanya terlihat seperti kastil tua. Namun setelah masuk kedalam kastil, sobatgenz akan disuguhkan dengan megahnya arsitektur kastil berpadu dengan pemandangan sekitar yang sangat indah. Kellie’s Castle sebenarnya berada cukup jauh dari pusat kota Ipoh, tepatnya di daerah bernama Batu Gajah. 

Kellie’s Castle juga terkenal karena mempunyai ruangan khusus yang berada di bawah tanah yang dapat dikunjungi. Tak heran, kastil ini juga selalu ramai oleh para wisatawan yang ingin mempelajari sejarah, atau sekedar ingin foto-foto instagrammable sembari menikmati megahnya arsitektur kastil dan pemandangan di sekeliling Kellie’s Castle. Oiya, Kellie’s Castle bahkan pernah menjadi salah satu lokasi syuting film Hollywood berjudul Anna and The King yang dibintangi oleh Jodie Foster dan Chow Yun Fat pada tahun 1999 lho gengs!

2. Kek Lok Tong

Foto: heartlandertourists.wordpress.com

Kek Lok Tong merupakan sebuah kompleks kuil Buddha yang terdiri atas altar utama yang menampilkan dewa-dewa Cina. Bukan sekedar kuil biasa, Kek Lok Tong terkenal karena keunikan lokasinya yang berada di sebuah gua di Gunung Rapat. 

Karena lokasinya yang unik ini, maka kuil ini cocok banget untuk sobatgenz yang ingin foto-foto aesthetic sembari memandangi keindahan gua dari kuil ini. Ada baiknya untuk mengambil foto dari sisi gua yang terkena pancaran cahaya matahari dari luar, agar foto yang dihasilkan semakin dramatis!

3. Birch Memorial Tower

Foto: theculturetrip.com

Belum afdol rasanya jika belum memasukkan Birch Memorial Tower sebagai salah satu destinasi wisata di Ipoh yang wajib dikunjungi. Birch Memorial Tower adalah objek wisata berupa satu menara jam yang telah dibangun sejak tahun 1909 lalu. Bangunan ini didirikan untuk mengenang jasa Jams W.W. Birch yang mati dibunuh oleh kepala suku Melayu. Bangunan ini kini telah menjadi tempat wisata sejarah yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. 

4. The Lost World of Tambun

Foto: sunwaylostoftambun.com

Eits, ini bukan Tambun yang ada di Bekasi yaa gengs! Tambun yang dimaksud adalah sebuah daerah di Ipoh. Disini terdapat kompleks theme park bernama The Lost World of Tambun yang memiliki total 64 atraksi permainan, 10 taman, dan 109 spesies binatang. 

Tidak hanya itu saja, sobatgenz juga bisa berenang dan bermain air di The Lost World of Tambun water park yang memiliki berbagai wahana yang seru dan memacu adrenalin, seperti Jungle Pool, Adventure River, dan Sandy Bay. Berbagai wahana dalam satu kompleks theme park, seru banget yaa gengs! Oiya, untuk bisa bermain di theme park ini, pengunjung dewasa yang bukan warga negara Malaysia wajib membayar tiket sebesar RM 100, dan anak-anak serta manula sebesar RM 93.

5. Concubine Lane dan Memory Lane

Foto: direview.id

Setelah puas mendatangi destinasi-destinasi wisata di Ipoh, jangan lupa sempatkan untuk membeli cenderamata dan oleh-oleh sebelum pulang ke asal yaa gengs! Di Ipoh terdapat pusat cenderamata dan oleh-oleh bernama Concubine Lane dan Memory Lane yang bisa sobatgenz datangi sebelum pulang nanti.

Concubine Lane merupakan sebuah jalanan yang dibangun pada tahun 1908. Kini, Concubine Lane terkenal akan deretan pertokoan, kedai makanan, dan kios-kios yang menjual aneka cenderamata. Sobatgenz bisa menemukan berbagai macam barang disini, mulai dari gantungan kunci, kartu pos, tempelan kulkas, tote bag, hingga tanaman kaktus di sini.

Selanjutnya ada Memory Lane yang terletak di Kampung Jawa, Ipoh. Memory Lane terkenal karena terdapat banyak kios yang menjajakan barang-barang antik dan barang-barang bekas yang masih layak pakai. Di sini sobatgenz juga bisa menemukan berbagai macam barang cenderamata dan oleh-oleh, sama seperti di Concubine Lane. Oiya, di malam harinya terdapat Memory Flea Market yang tidak jauh dari area Memory Lane lho!

Bagaimana sobatgenz, kelihatannya Ipoh seru banget untuk dikunjungi ya? Jadi tidak hanya Kuala Lumpur, Penang, ataupun Langkawi saja nih gengs, tapi Kota Ipoh juga bisa menjadi pertimbangan kota yang masuk ke itinerary kamu ketika berkunjung ke Malaysia!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done