5 Kelakuan Barbar Netizen yang Selalu Menghantui Idol K-Pop dan K-Drama - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Saturday, 6 June 2020

5 Kelakuan Barbar Netizen yang Selalu Menghantui Idol K-Pop dan K-Drama

portalgenz.com
Image source: www.mainmain.id

Portalgenz.com - Belakangan ini, orang-orang diam di rumah mereka dan mungkin scroll media sosial setiap harinya. Apa ini juga yang membuat kasus netizen yang barbar semakin meningkat? Entah apa yang mengganggu mereka, namun netizen sendiri bisa sangat kritis terhadap idol K-Pop maupun K-Drama. Tak sedikit dari mereka yang berpikir bahwa seorang Idol harus memenuhi sebuah standar kesempurnaan. Bahkan, banyak juga yang mengkritik terlalu jauh dan dengan cepat menyimpulkan sesuatu. Berikut ini, beberapa hal yang dikritik terlalu jauh oleh netizen.

1. Menilai Terlalu Cepat dan Menyebar Opini

 
portalgenz.com
Image source: koreaboo.com

Ini menjadi salah satu hal yang paling sering dijumpai dari sejumlah netizen. Tanpa berpikir matang dan mencari kejelasannya, mereka bahkan menilai terlalu cepat. Tak jarang, penilaian mereka yang masih berupa ‘opini’ disebarluaskan dan memancing berbagai respon dari netizen yang lain.

Kasus ini pernah terjadi pada 2016 lalu, di mana Kim Wooseok (Wooshin) diserang oleh sejumlah netizen karena mereka berpikir anggota UP10TION tersebut sengaja menyentuh bagian dada Jeon Somi. Hingga analisis forensik dilakukan dan menunjukkan bukti bahwa penilaian netizen itu tidak benar. Namanyan saja netizen barbar, mereka bahkan masih terus meminta Wooshin untuk meminta maaf atas hal yang bahkan tidak ia lakukan.


2. Terlalu Kritis Masalah Berat Badan Idol

 
portalgenz.com
Image source: www.straitstimes.com

Netizen yang terlalu memuja standar kesempurnaan pasti pernah ikut serta menyerang beberapa idol dengan mempermasalahkan berat badannya. Contohnya, pada 2016 lalu, Wendy sebagai salah satu anggota dalam grup Red Velvet harus menerima kritikan jahat terkait berat badannya yang terlihat bertambah. Anehnya, mereka bahkan mempermasalahkan berat badan idol yang terlalu kurus juga seperti Jimin dari AOA. 


3. Menentang Kata-Kata Mereka Sendiri

 
portalgenz.com
Image source: www.youtube.com

Sejumlah netizen biasanya menggaungkan niat mereka untuk membela para idol agar diperlakukan selayaknya manusia, bukan robot. Wajar jika mereka sedih, menangis, atau bahkan berbuat kesalahan. Tapi, sepertinya netizen enggan memenuhi kata-kata mereka sendiri.

Buktinya, pada 2017 lalu Yeri Red Velvet sempat ditampar oleh sejumah komentar jahat karena menampilkan wajah yang sedih selama ajang penghargaan berlangsung. Wajar, saat itu SM Family sedang sangat terpukul setelah kepergian Jonghyun SHINee. Alih-alih menyemangati, sejumlah netter malah mengomentari Yeri yang mereka anggap tidak profesional. Idol bukan robot.


4. Tanggapi Gosip Dating Secara Berlebihan

 
portalgenz.com
Image source: channels.vlive.tv

Rasa cinta memang selalu menimbulkan hasrat untuk memiliki. Begitulah kehidupan pelik seorang Idol yang dicintai banyak orang. Bagi sejumlah netizen, mendengar kabar idol dating adalah hal yang sangat menyebalkan seperti dikhianati oleh kekasih. Beberapa dari mereka merasa bahwa sang idol akan berubah karena telah mencintai orang lain selain para penggemarnya.

Bisa dibilang, berkencan adalah bagian paling privat dari seorang idol. Namun, mereka malah dihujani sejumlah komentar jahat seperti kasus Kang Daniel dan Jihyo TWICE. Alasan mereka menentang hubungan sejoli ini adalah Kang Daniel tidak boleh berkencan karena ia baru dua tahun berkarir sejak debut. Netizen bahkan melangkah terlalu jauh untuk hal-hal privasi semacam ini. Bahkan, Chen yang sudah lama berkarir bersama EXO pun terkena sikap barbar netizen karena ia hendak menikah. Netizen menyebutnya tak mencintai penggemar dan mengancam Chen untuk meninggalkan EXO.


5. Mengulik dan Mengkritik Masa Lalu Idol

 
portalgenz.com
Image source: www.minews.id

Beberapa netizen yang menjunjung citra “sempurna” kerap kali mengkritik masa lalu sang idol bahkan untuk sesuatu yang tidak berbahaya. Baru-baru ini aktris Han So Hee yang namanya menjadi pembicaraan berkat drama “The World of the Maried” ini dikiritik karena foto lamanya beredar. Foto tersebut menunjukkan sosoknya yang merokok dan memiliki tato. Meski hal ini legal dilakukan karena Han Soo Hee telah dewasa, namun tetap saja netizen meninggalkan komentar jahat kepadanya.

Seringkali netizen memang bertindak semaunya sendiri. Mereka melakukan berbagai cara untuk menunjukkan tempatnya dan memberi aturan untuk orang lain. Sayangnya, hal seperti ini selalu terjadi dan menghantui mereka yang berdiri di atas panggung.  Cobalah untuk lebih open minded, menelusuri kebenaran akan suatu hal sebelum membagikannya, dan jangan terlalu mengurusi kehidupan orang lain. Idol adalah manusia, mereka memiliki banyak emosi yang tak selamanya bisa disembunyikan di depan kamera.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done