5 Kuliner Asal Malaysia ini Mirip Dengan Kuliner Indonesia - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 8 June 2020

5 Kuliner Asal Malaysia ini Mirip Dengan Kuliner Indonesia

Portalgenz.com – Secara geografis dan historis, Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun. Maka tak heran, terdapat sejumlah kemiripan dari budaya masing-masing negara, meskipun memiliki ciri khasnya masing-masing. Dari segi kuliner pun, terdapat beberapa kemiripan antara kuliner Indonesia dan Malaysia. Meskipun memiliki bentuk dan penyajian yang mirip, tetapi citarasa dari makanan Malaysia masih cukup berbeda dengan makanan di Indonesia. Dilansir dari travel.tribunnews.com, yuk simak 5 kuliner Malaysia yang mirip dengan kuliner Indonesia!

1. Congee

Foto: urbanadventures.com

Congee adalah olahan bubur yang sekilas mirip dengan bubur ayam di Indonesia. Hal yang membedakan bubur ayam di Indonesia dengan Congee terletak pada penyajiannya yang ditambah dengan telur ayam yang difermentasi selama 3 bulan dengan tambahan abu, garam, sekam padi, dan soda kue, sehingga menghasilkan telur yang berwarna hitam. Waahh menarik ya gengs!

Sama seperti bubur ayam di Indonesia, Congee juga sangat mudah ditemukan di berbagai penjuru daerah di Malaysia. Mulai dari pedagang keliling, kedai, hingga restoran besar kerap kali menghidangkan Congee untuk disantap kapan saja.

2. Nasi Lemak

Foto: steves-kitchen.com

Nasi Uduk juga punya teman serumpunnya nih gengs, yaitu Nasi Lemak! Nasi Lemak adalah nasi putih yang dimasak dengan campuran santan kelapa, yang membuat nasi menjadi lebih gurih.

Mirip dengan Nasi Uduk di Indonesia, Nasi Lemak biasanya disajikan dengan beberapa lauk pilihan yang menggugah selera, seperti ayam goreng, ikan teri, telur ayam, hingga sambal kacang. Makanan ini banyak digemari oleh masyarakatnya, dan kerap dicari untuk menu sarapan hingga menu makan malam.

3. Hokka Mee

Foto: j2kfm.com

Berpindah ke makanan berkarbohidrat selanjutnya, kuliner mie ayam pun juga memiliki teman serumpunnya yang bernama Hokka Mie. Hokka Mie merupakan makanan yang terbuat dari mi dan diberi saus ikan, lalu disajikan dengan berbagai pilihan daging seperti daging ayam, daging sapi, atau daging babi. Selain daging, yang membedakan Hokka Mie dengan Mie Ayam terletak pada citarasanya yang sedikit asam karena diberi cuka.

4. Pasembur

Foto: livingnomads.com

Pasembur merupakan kuliner Malaysia yang mirip dengan Gado-gado di Indonesia. Keunikan Pasembur dari Gado-gado terletak pada kuah kacang yang digunakan dicampur dengan bumbu rempah, agar rasanya lebih enak dan aromanya lebih harum.

Hampir sama dengan Gado-gado, Pasembur terdiri atas tahu goreng dan tauge. Bedanya, jika di karbohidrat dari Gado-gado adalah ketupat, di Pasembur karbohidratnya adalah ubi. Selain itu, Pasembur juga diisi dengan sotong goreng, timur mayang, dan udang. Semua isian tersebut kemudian disiram dengan kuah kacang manis. Kedengerannya enak ya, gengs!

5. Kek Lapis Sarawak

Foto: pinterest.com

Menuju ke makanan manis, ada juga kue basah yang mirip dengan Kue Lapis di Indonesia. Adalah Kek Lapis Sarawak, kue basah khas Malaysia yang kerap kali disajikan pada saat hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal.

Berbeda dengan Kue Lapis yang terdiri atas warna-warna tertentu saja, Kek Lapis Sarawak dibuat sangat unik dengan perpaduan warna dan motif yang menarik. Bahkan, ada juga beberapa toko yang menjual Kek Lapis Sarawak yang dihias mirip seperti batik lho!

Itu dia 5 kuliner asal Malaysia yang mirip dengan kuliner Indonesia. Setelah baca artikel ini, sobatgenz jadi penasaran untuk mencoba kuliner-kuliner asal Malaysia ini gak nih?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done