5 Penyebab Sering Sendawa - PORTALGENZ
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, June 28, 2020

5 Penyebab Sering Sendawa

Gambar Istockphoto

Portalgenz.com - Sendawa merupakan hal yang normal apalagi jika kamu habis makan. Namun bagaimana jika kamu sering sendawa terus menerus? Mungkin kamu akan mengira itu adalah gejala masuk angin, padahal ada banyak penyebab atau faktor yang membuat sendawa terus menerus.

Penasaran apa saja penyebab sering sendawa? Berikut ini merupakan 5 penyebab sering sendawa yang harus diketahui, diantaranya adalah

1. Kebiasaan Makan yang tidak baik

Gambar Istockphoto

Sendawa bisa muncul karena adanya udara yang masuk atau tertelan saat kamu sedang makan atau minum. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu harus meninggalkan kebiasaan makan yang tidak baik seperti makan terlalu cepat atau makan sambil berbicara. Selain bisa menyebabkan sering sendawa makan terlalu cepat atau sambil berbicara juga bisa menyebabkan cegukan. Kamu juga harus mengunyah makanan dengan mulut yang tertutup agar udara tidak masuk ke dalam perut dalam jumlah yang besar.

2. Udara Masuk ke Dalam Tubuh

Gambar Istockphoto

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa salah satu penyebab sendawa yaitu udara yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya terjadi ketika makan atau minum. Udara bisa masuk ke dalam tubuh ketika kamu menghisap permen, minum melalui sedotan, menggunakan gigi palsu yang tidak pas atau merokok.

3. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Bergas

Gambar Istockphoto

Tau nggak sih, Ada banyak jenis makanan dan minuman yang ber-gas dan tentunya bisa menyebabkan kamu sering sendawa. Apa aja sih minuman atau makanan yang ber-gas? Yaitu kacang-kacangan, brokoli, minuman soda, pisang, biji-bijian utuh, kismis dan lainnya. Penyebab sering sendawa lainnya, yaitu kamu sering konsumsi alkohol, makanan yang mengandung serat, tepung dan gula.

4. Konsumsi Obat-obatan tertentu

Gambar Istockphoto

Beberapa obat-obatan mengandung efek samping. Terdapat terdapat obat-obatan tertentu yang menyebabkan sering sendawa. Misalnya ibuprofen, aspirin, acarbose, dan obat pencahar seperti sorbitol. Oleh sebab itu kalau kamu ingin mengkonsumsi obat ada baiknya mengikuti panduan dokter.

5. Asam lambung atau GERD

Gambar Istockphoto

Kelebihan asam dalam perut disertai mulas dan GERD (gastro esophageal reflux disease) menyebabkan sendawa berlebihan. Anda juga kelebihan menelan udara dan menimbulkan sendawa.

Itulah 5 penyebab sering sendawa yang harus kamu ketahui. Jadi sendawa bukan hanya dari masuk angin aja ya gengs. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done