Bagaimana Cara Merawat Album Foto Supaya Tetap Awet? Baca Selengkapnya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Monday, 1 June 2020

Bagaimana Cara Merawat Album Foto Supaya Tetap Awet? Baca Selengkapnya!

Foto : unsplash.com

Portalgenz.com - Foto memang sudah menjadi hal yang wajib, ketika kita mengunjungi suatu tempat atau bertemu dengan seorang yang spesial. Tujuan dari pengambilan foto ini pun tidak lain sebagai pengambilan moment, atau kenang-kenangan. Karena ada disaat nanti, kamu pasti rindu masa-masa tertentu.
Tapi apabila foto yang sudah kamu letakan dalam album ini rusak atau termakan rayap, maka sangat disayangkan bukan? Nah, sebab itu rawatlah album fotomu supaya bisa dilihat sampai generasi kita selanjutnya! Lalu gimana sih cara merawatnya agar tetap awet? Simak tips ini!
Letakan Album Foto dalam Rak Buku!
Bukan hanya buku biasa yang diletakan dalam rak buku, namun album foto pun lebih baik juga diletakan di sini! Sebab selain lebih rapi dan tertata, hal ini pun bisa mencegah risiko tekanan berlebih pada kertas foto yang kadang membuat kualitas gambarnya berkurang, atau memudar.
Tips pertama merawat album foto yang satu ini, sangat berpengaruh pada album foto lama jaman dulu pula. Sebab tinta yang dipakai dulu memang lebih cepat memudar, sedangkan untuk sekarang sudah lebih canggih ya gengs.

Foto : unsplash.com
Jangan Sampai Album Foto Terbengkalai, dan Jarang Di Buka
Memang kadang kita sebagai manusia biasa, sering merasa lupa atau ceroboh. Karena mungkin sedikitnya waktu di rumah membuat kita tak pernah menyentuh, atau membuka foto sama sekali. Padahal dengan sering membuka foto, malah justru membuat foto ini lebih awet karena tidak lembab.
Jadi tips kedua dalam menjaga album foto supaya awet dan tahan lama, yakni dengan sering membuka dan melihatnya. Oleh karena itu, letakan album foto pada tempat yang mudah dijangkau. Supaya disaat kita rindu, kita bisa dengan mudah membukanya.
Hindari Sinar Matahari Secara Langsung, Maupun Klip Kertas!
Ada dua hal yang tidak diperbolehkan, untuk dilakukan dalam perawatan foto.Yang pertama adalah menggunakan klip kertas, sebab klip kertas ini bisa menimbulkan bekas karatan di foto yang kamu rawat! Sehingga sangat sayang bukan, bila sudah dirawat tapi ada bekas klip yang terbuat dari besi ini?
Kedua, jangan terpapar matahari secara langsung! Sebab ternyata sinar UV ini bisa membuat warna dalam foto memudar, jadi disarankan jangan letakan foto maupun album foto di dekat jendela maupun pintu ya gengs!

Foto : unsplash.com
Coba Oleskan Sedikit Putih Telur, Supaya Foto Awet!
Tips terakhir dalam menjaga album foto, yaitu dengan mengoleskan foto dengan sedikit putih telur supaya awet. Mungkin tips ini agak terdengar asing ya, tapi putih telur yang sudah dikocok dengan rata justru bisa membuat tinta foto bertahan.
Nah, caranya yakni sesekali keluarkan foto dari album, kemudian oleskan putih telur yang sudah dikocok sebelumnya. Kemudian bila sudah mengering, silahkan masukan lagi foto ke dalam album!
Itulah beberapa tips dalam merawat album foto yang bisa kamu praktekan, namun bila kamu merasa takut kehilangan foto karena sayang, maka kamu bisa scan foto dan masukan dalam CD maupun flashdisk ya gengs!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done