Batuk Berdahak Bikin Gak Nyaman? Atasi dengan 5 Cara Ini! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Tuesday, 30 June 2020

Batuk Berdahak Bikin Gak Nyaman? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Source pixabay.com

Portalgenz.com - Pernah gak sih kamu merasa batuk berdahak? Pastinya kondisi tersebut sedikit menyiksa dan bikin kamu nggak nyaman kan? Sebaiknya jangan biarkan dahak berlama-lama di tenggorokanmu, karena bisa membuat aktivitasmu dan waktu tidurmu menjadi terganggu. Nah berikut ini merupakan 5 cara untuk mengatasi batuk berdahak, diantaranya adalah:

1. Jus Jeruk

Source pixabay.com

Siapa nih yang suka minum jus jeruk? Pasalnya jeruk bisa menyembuhkan batuk berdahak lho. Selain itu jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi jus jeruk sebanyak 2 kali sehari.

2. Nanas

Source pixabay.com

Kamu tidak perlu khawatir dengan batuk berdahak yang belum sembuh juga. Pasalnya kamu bisa mengkonsumsi buah nanas untuk menyembuhkan batuk berdahak yang belum sembuh.

Karena buah nanas memiliki kandungan bromelain yang merupakan enzim untuk meredakan batuk serta mencairkan dahak pada tenggorokan. Nah jadi nggak salah dong kalau kamu makan nanas untuk menyembuhkan batuk berdahak.

3. Air Putih Hangat

Source pixabay.com

Siapa bilang nyembuhin batuk berdahak sangat sulit? pasalnya kamu cukup minum air putih hangat untuk menyembuhkan batuk ini loh. Karena pada saat kamu minum air putih hangat maka dahak yang menempel di belakang tenggorokan akan mencair, sehingga mudah dikeluarkan. So, rajin-rajin minum air putih hangat ya gengs!

4. Berkumur kumur dengan Air Garam

Source pixabay.com

Bukan hanya mengobati sakit gigi saja, pasalnya berkumur kumur dengan air garam juga bisa menyembuhkan batuk berdahak secara alami. Dipercaya dapat mengatasi sakit tenggorokan dan iritasi akibat batuk berdahak. Selain itu, air garam juga bisa mengeluarkan lendir atau dahak yang ada di tenggorokan.

Caranya juga sangat gampang loh, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat. Lakukan cara ini sebelum tidur ya, agar hasilnya maksimal.

5. Cengkeh

Source pixabay.com

Ternyata batuk berdahak dan tenggorokan gatal bisa diobati dengan cengkeh lho. Karena cengkeh memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk melawan bakteri di saluran pernapasan atas. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cengkeh ke air mendidih dan biarkan selama 10 menit lalu minum cengkeh tersebut.

Itulah 5 cara mengatasi batuk berdahak dengan mudah. Jadi jangan biarkan dahak di tenggorokan mu mengganggu aktivitas mu ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done