Biar Gak Infeksi, Begini 5 Cara Membersihkan Luka dengan Benar. - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Sunday, 7 June 2020

Biar Gak Infeksi, Begini 5 Cara Membersihkan Luka dengan Benar.


Gambar - daherba.com

Portalgenz.com - Luka akibat tergores, jatuh, teriris mungkin kamu akan terburu-buru untuk diplester. Padahal hal tersebut bukanlah cara yang tepat untuk menjadi menutup luka. Sebaliknya, luka yang di langsung ditutup dengan plaster akan meningkatkan ga terkena infeksi.

Nah, biar nggak terjadi infeksi kamu harus membersihkan luka terlebih dahulu sebelum ditutup dengan plaster Dan supaya penyembuhannya pun cepat. Adapun cara membersihkan luka dengan benar seperti berikut ini,

1. Cuci tangan


Alangkah baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum luka dibersihkan. Kamu harus mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir serta menggunakan sabun agar lebih steril. Nah yang lebih praktis lagi, kamu bisa menggunakan hand sanitizer di kedua tangan lalu tunggu sampai kering.

Jika kamu mempunyai sarung tangan medis kamu bisa menggunakannya. Kondisi tangan yang sudah bersih dan steril dapat mencegah infeksi luka.

2. Pencet Area Kulit yang Terkena Luka


Meskipun sedikit sakit kamu harus menekan perlahan area kulit yang terkena luka. Jangan tekan terlalu kencang, cukup pelan-pelan menggunakan kain bersih maupun kaca steril. Hal tersebut bertujuan untuk menghentikan pendarahan. Namun jika hanya luka akibat goresan atau luka kecil tidak perlu ditekan ya!

Ingat ya langkah ini hanya dilakukan bagi luka yang berdarah saja. Apabila kamu mengalami luka bakar sebaiknya lewati langkah ini dan segeralah berkonsultasi ke dokter.

3. Bersihkan Luka dengan Air



Gambar- betacenter.org

Nah ini yang paling penting, kamu harus membersihkan luka terlebih dahulu menggunakan air bersih selama 5-10 menit. Hal tersebut dilakukan agar kotoran yang menempel hilang dan mencegah infeksi luka. Gunakan waslap bersih serta sabun lembut untuk membersihkan area luka. jika sudah, ambil pinset untuk mengambil kotoran yang menempel di luka dengan hati-hati. Namun mesti dibersihkan dulu dengan isopropil alkohol ya genZ!

4. Oleskan Krim maupun Salep Antibiotik

Setelah luka dibersihkan, gunakan krim atau salep antibiotik untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan mencegah adanya penjaringan parut pada bekas luka. Apabila kulit terasa perih segera hentikan pemakaian.

5. Balut Menggunakan Perban

Apabila lukanya hanya sedikit dan tidak terlalu parah, kamu gak perlu pakai perban, cukup membersihkannya saja. Adapun fungsi perban sendiri agar luka tidak terpapar kuman. Ganti perban apabila sudah basah dan kotor.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done