Bisul Terasa Sakit? Segera Atasi dengan Bahan Alami ini Gengs! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 5 June 2020

Bisul Terasa Sakit? Segera Atasi dengan Bahan Alami ini Gengs!

Sumber gambar: style.tribunnews.com

Portalgenz.com - Bisul bisa terjadi pada siapapun, terrlebih pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Keberadaan bisul di kulit memang mengganggu, membuat tidak nyaman, tidak percaya diri, dan rasa sakit yang tak tertahankan. Kamu perlu mengenali gejala dan penyebab bisul.

Nah, jika kamu sedang bisulan, harus segera diatasi agar tidak mengalami infeksi yang lebih parah ya! Bingung bagaimana cara mengatasinya? Coba gunakan bahan-bahan alami berikut ini,

1. Bawang Putih

Sumber gambar: Lifestyle.kompas.com

Selain digunakan sebagai bahan dapur, bawang putih ternyata bisa mengatasi bisul Lho! Karena bawang putih memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti inflamasi dan anti bakteri. Kedua sifat tersebut sangat efektif dan membantu untuk mengatasi bisul. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan 3 siung bawang putih lalu digunakan sari airnya untuk dioleskan pada kulit yang terkena bisul.

2. Kunyit

Gambar: pixabay.com

Sama hal nya dengan bawang putih, kunyit juga dapat mengatasi bisul karena mempunyai kandungan yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Kamu bisa mengatasi bisul dengan memakai kunyit yang berbentuk bubuk, setelah itu campur dengan sedikit air sampai berubah seperti adonan pasta. Oleskan kunyit tersebut di area bisul secara merata.

3. Minyak Jarak

Sumber gambar: hellosehat.com


Minyak jarak dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi bisul karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Nah cara penggunaannya pun cukup mudah lho, yaitu hanya dengan mengoleskan minyak jarak ke area bisul secara merata. Agar hasilnya maksimal, Kamu harus melakukannya secara rutin yaitu 3 kali dalam sehari.

4. Lidah Buaya

Gambar: Pixabay.com

Bukan menjadi rahasia lagi kalau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan di lidah buaya juga bisa mengatasi bisul, karena sifatnya yang dapat mengurangi rasa sakit serta dapat bertindak sebagai antiseptik. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan lidah buaya di permukaan bisul sampai sembuh

Cara Mencegah Bisul


Nah agar bisul tidak terulang lagi kamu harus melakukan pencegahan dengan benar. Gimana sih caranya? Mudah kok!


  1. Rajin mencuci tangan hingga bersih
  2. Biasakan mandi dua kali sehari atau ketika badan terasa kotor
  3. Tidak berbagi barang dengan orang lain
  4. Apabila ada luka segera bersihkan dan tutup menggunakan plester steril
  5. Jaga kesehatan, dengan berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang sehat


Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bisul beserta cara pencegahannya. Apabila bisul terasa sangat sakit dan infeksi parah, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done