Bukan Karena Telur, Kenali Beberapa Fakta Penyebab Bisul dan Gejalanya! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 5 June 2020

Bukan Karena Telur, Kenali Beberapa Fakta Penyebab Bisul dan Gejalanya!

Sumber Gambar: Honestdocs.id

Portalgenz.com - Banyak yang mengira, jika penyebab bisul yaitu gara-gara mengkonsumsi telur, faktanya itu tidaklah benar. Bisul sendiri merupakan benjolan yang berukuran sekitar 1,55 cm yang di dalamnya terdapat nanah. Nah, pada artikel ini ada beberapa fakta menarik mengenai bisul yang kamu ketahui.

Mengapa Bisul Bisa Terjadi?

Sumber gambar: Sehatq.id

Pada awalnya, bisul berbentuk ruam kemerahan di kulit yang sakit ketika disentuh. Lama-kelamaan ruam kemerahan tersebut membentuk benjolan yang berisi nanah dan muncul lebih dari satu. Bisul sendiri biasanya tumbuh di sekitar lipatan bokong, leher, lipatan paha, ketiak, selangkangan. Walau terasa menyakitkan, Namun kamu tak perlu khawatir karena bisul bisa diobati. Atasi bisul dengan bahan alami.

Gejala Bisulan

Sumber gambar: Alodokter.com

Ada beberapa gejala yang akan kamu alami ketika terjadi bisulan, seperti


  • Setiap hari benjolan bisulan akan semakin besar dan terisi dengan nanah
  • Di atas benjolan tersebut terdapat titik putih yang merupakan tempat keluarnya nanah
  • Di sekitar benjolan atau bisul tersebut kulit bewarna kemerahan, hangat ketika disentuh dan membengkak. Biasanya kondisi ini terjadi ketika infeksi sudah menyebar ke bagian kulit tersebut.
  • Amati gejala yang kamu rasakan, segeralah diobati dengan tepat agar tidak menginfeksi organ di sekitarnya serta tidak memasuki aliran darah.


Penyebab Bisulan, Bukan Karena Telur

Sumber gambar: idntimes.com

Faktanya, penyebab bisul yang dialami oleh seseorang bukan karena telur lho! Karena bisul sendiri merupakan infeksi bakteri Staphylococcus Aureus yang masuk ke dalam folikel rambut bisa melalui luka atau gigitan serangga. Adapun penyebab bisulan yang sebenarnya yaitu,


  • Tidak menjaga kebersihan badan, pribadi dan lingkungan dengan baik.
  • Adanya permasalahan kulit lain seperti eksim kulit maupun jerawat.
  • Kontak langsung dengan penderita bisulan yang beresiko menularkan bisul kepada kamu.
  • Mempunyai kondisi sistem kekebalan tubuh yang cukup lemah.


Itulah beberapa fakta mengenai bisul mulai dari mengapa bisul bisa terjadi, gejala, dan penyebab bisulan. Nah sekarang kamu sudah tahu kan gengs, kalau bisul bukan disebabkan karena sering mengkonsumsi telur. So jangan salah kaprah lagi ya! Apabila kamu bisulan, harus segera diatasi agar tidak menyebabkan infeksi yang lebih parah ya!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done