Gimana Sih Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar? Simak Tutorial Berikut! - Portalgenz
Berita Hari Ini
Loading...

Friday, 5 June 2020

Gimana Sih Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar? Simak Tutorial Berikut!

Foto : unsplash.com
Portalgenz.com - Biasanya, orang membersihkan telinganya dengan cotton bud. Namun ternyata banyak juga yang asal-asalan menggunakan benda tersebut, hal ini pun berakibat fatal ya gengs. Karena jika keliru, bisa sampai mengganggu pendengaran kita loh. Lalu tahukah kamu, bahwa pada dasarnya telinga diciptakan untuk bisa membersihkan bagian dalamnya sendiri?
Nah jadi saat kita berbicara, mengunyah, menguap, atau menggerakkan rahang, otomatis kotoran telinga seperti cairan kuning akan keluar dengan sendirinya. Namun, kita tetap harus membersihkan telinga kita untuk memastikan tidak ada kotoran yang mengendap di bagian dalam ya gengs.
Dalam penggunaan cotton bud, juga tidak dianjurkan untuk memasukannya terlalu dalam. Ada banyak cara untuk membersihkan telinga yang mudah untuk kamu lakukan, berikut ini beberapa contohnya!
1. Membersihkan Telinga Dengan Air Garam
Cara membersihkan telinga yang pertama yaitu, dengan memakai air garam. Siapkan dulu air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh garam. Kemudian aduk sampai merata. Jika sudah merata, masukkan ke dalam suntikan khusus untuk telinga atau disebut syringe.
Foto : unsplash.com

Miringkan kepala, tarik cupang telinga, lalu masukan ujung suntikan.
Teteskan cairan sedikit demi sedikit, diamkan selama 10 menit, lalu miringkan kepala ke arah berlawanan agar kotoran bisa keluar dengan mudah.
2. Menggunakan Baby Oil
Cara kedua dalam membersihkan telinga, yakni memakai Baby Oil. Pertama-tama, tuang baby oil ke tangan secukupnya, jangan sampai tumpah. Lalu miringkan kepalamu dan tarik daun telingamu.
Teteskan baby oil tadi kedalam telinga secara perlahan. Biarkan sampai mengering dan mencapai permukaan pada liang telinga. Jika sudah kering, masukan kapas, dan kembalikan posisi kepala ke posisi normal. Setelah itu kamu siram kotoran yang keluar dengan menggunakan saline atau air.

Foto : unsplash.com
3. Menggunakan Minyak Zaitun
Bahan ketiga yang digunakan untuk membersihkan telinga, yakni minyak zaitun yang sangat aman untuk dijadikan pembersih telinga. Karena, minyak zaitun ini juga merupakan bahan yang alami.
Caranya, kamu teteskan dahulu minyak zaitun ke dalam telinga, lalu tunggu sampai 10 menit atau sampai kotoran menjadi lembut. Setelah itu miringkan kepalamu supaya kotoran bisa keluar, tapi jika tidak keluar juga, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan ilangnya.
4. Menggunakan Alkohol dan Cuka Apel
Yang terakhir untuk membersihkan telinga, yakni alkohol dan cuka apel. Kamu campurkan dahulu alkohol dengan cuka apelnya, jika sudah teracik, kamu miringkan kepalamu. Kemudian masukan cairan tersebut dengan munggunakan alat tetes.

Foto : unsplash.com
Hal ini supaya cairan tidak tumpah, gunakan kapas untuk menutup liang telinga. Diamkan 10 menit, dan gunakan cotton bud untuk mengeluarkan cairan beserta kotoran.
Untuk yang sudah terbiasa memakai cotton bud, sebaiknya ganti dengan cara-cara seperti diatas. Karena banyak yang masih menggunakan cotton bud, dengan cara yang salah. Atau bisa datang ke dokter THT untuk membersihkan telingamu ya gengs, selamat mencoba!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Hai gengs ! Jangan lupa setelah kamu selesai membaca dan merasa bermanfaat, bagikan artikelnya ke teman-teman kamu ya. Yuk bergabung bersama kami membangun dunia informasi untuk kaum milenial dan gen z Indonesia dan ikuti sosial media kami.
Done